Tips dan Trik

Daftar Fitur Baru di Windows 11 yang Bakal Buat Pengguna Lebih Produktif

Fitur Baru di Windows 11 - Header

Gadgetren – Setelah 6 tahun berkutat pada pengembangan Windows 10, Microsoft akhirnya siap mengajak pengguna berpetualang di ekosistem baru bernama Windows 11 yang menawarkan berbagai macam hal segar.

Melalui acara yang digelar pada tanggal 24 Juni 2021, perusahaan yang dinakhodai oleh Satya Nadella itu bahkan memastikan bahwa Windows 11 akan memberikan pengalaman baru karena mengusung sejumlah perubahan besar di dalamnya.

Tak hanya di sisi tampilan yang kini terlihat sedikit lebih modern, Windows 11 juga membawa sejumlah perlengkapan baru dengan sistem perlindungan terhadap pengguna yang diklaim sebagai rilis paling aman.

Para pengguna yang tertarik sudah bisa mencobanya mulai tanggal 28 Juni 2021 melalui program Microsoft Insider yang mana kini membutuhkan sistem minimum dengan persyaratan lebih rumit dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Namun jika hanya penasaran dengan berbagai macam fitur baru yang diusungnya, berikut informasi sekilas mengenai sejumlah perubahan yang hadir dalam sistem operasi generasi baru ini.

Daftar Fitur dan Perubahan Baru di Windows 11

Perombakan Design Tampilan

Produktivitas, kreativitas, dan kemudahan menjadi salah satu tulang punggung pengembangan Windows 11. Oleh karena itu, Microsoft pun berusaha menghadirkan tampilan antarmuka yang lebih ramah.

Microsoft salah satu di antaranya mulai menggunakan Start Menu di tengah-tengah taskbar (sekarang bernama dock) agar para pengguna lebih mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

Microsoft 365 dan Cloud juga menjadi opsi tambahan yang hadir menggantikan Live Tiles di bagian Start Menu untuk memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai macam berkas terbaru tanpa melihat apa perangkat yang digunakan sebelumnya.

Fitur Baru di Windows 11 - 1

Pengguna pun dapat bekerja, belajar, dan bermain dengan lebih banyak jendela aplikasi yang terbuka secara bersama-sama karena Windows 11 pun mempunyai fleksibilitas lebih tinggi dalam pengelolaan tampilan melalui fitur snap apps side by side.

Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops

Ditambah lagi, Microsoft menambah beberapa dukungan yang disebut dengan Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops yang memungkinkan seseorang menyelesaikan banyak tugas secara lebih tertata.

Fitur baru tersebut mempunyai dukungan untuk mengelola jendela Windows sehingga pengguna bisa lebih mengatur tampilan supaya tidak semrawut tetapi tetap bisa menemukan apa yang diperlukan.

Dengan fitur baru ini, pengguna pun dapat membuat beberapa layar untuk setiap bagian dalam kehidupan sehingga sebuah komputer dapat berubah-ubah menjadi desktop khusus untuk bekerja, belajar, bermain game, maupun hiburan sesuai aktivitas yang dijalani.

Microsoft Teams Chats Terintegrasi

Kemudahan berkomunikasi juga menjadi salah satu di antara fitur yang diperkenalkan Microsoft pada Windows 11. Mereka pun mengintegrasikan fitur Microsoft Teams Chats ke bagian dock.

Fitur Baru di Windows 11 - 2

Para pengguna karenanya kini bisa lebih cepat terhubung dengan rekan kerja atau keluarga menggunakan pesan, percakapan audio, hingga panggilan video dari layanan komunikasi tersebut.

Bahkan jika orang yang dihubungi belum memasang aplikasi Microsoft Teams di perangkatnya, mereka pun masih mungkin menghubungi mereka dengan adanya dukungan two-way SMS.

Teknologi Game Baru

Windows 11 juga memuat sejumlah teknologi baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain game di komputer seperti DirectX 12 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR.

DirectX 12 Ultimate – Bermain game dengan frame rate tinggi tentunya dapat memberikan pengalaman yang lebih menakjubkan. DirectX 12 Ultimate pun hadir untuk mengaktifkan hal tersebut.

DirectStorage – Game dapat berjalan lebih lancar di Windows 11. Untuk pertama kalinya, Microsoft mengadaptasi DirectStorage dari Xbox Velocity Architecture pada Xbox Series X|S yang memungkinkan kartu grafis memuat aset lebih cepat tanpa membebani CPU.

Auto HDR – Windows 11 pun menawarkan tampilan superior untuk game berbasis DirectX 11 ke atas berkat teknologi peningkatan HDR (High Dynamic Range) otomatis di mana mempunyai range warna lebih luas dan vivid ketimbang Standard Dynamic Range (SDR) dari generasi sebelumnya.

Widgets

Fitur Widgets kembali meluncur di dock Windows 11 dengan tampilan baru yang dipersenjatai sistem kecerdasan buatan dan Microsoft Edge untuk memberikan kemudahan pengguna dalam mengakses berbagai macam informasi.

Fitur Baru di Windows 11 - 3

Para pengguna dapat memanfaatkannya untuk melihat informasi cuaca, tugas dari Microsoft To do, susunan jadwal di Calendar, foto di aplikasi Photos, berita, hingga halaman web melalui Microsoft Edge.

Pembaruan Microsoft Store

Selain tampilan yang lebih ringan, Windows 11 membawa sejumlah pembaruan untuk layanan Microsoft Store yang kini dirancang sebagai tempat terpercaya untuk mendapatkan aplikasi, game, hingga konten hiburan.

Fitur Baru di Windows 11 - 4

Para pengguna dapat menemukan lebih banyak aplikasi dari sebelumnya. Selain itu, mereka pun dapat mencari konten dan produk lebih mudah melalui fitur seperti curated story maupun collection.

Menjalankan Aplikasi Android

Yang sangat menarik, Windows 11 di masa mendatang akan memiliki dukungan untuk memasang dan menjalankan aplikasi Android sehingga pengguna tidak perlu lagi memasang emulator.

Fitur Baru di Windows 11 - 5

Akhir tahun 2021, Microsoft bahkan berencana untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi Android secara resmi melalui Microsoft Store meskipun laman unduhan nantinya tetap dilempar ke Amazon Appstore.

Windows 11 tentu mempunyai dukungan baru yang lebih banyak lagi di masa mendatang. Seperti halnya Windows 10 yang terdistribusi secara resmi sekarang ini, fiturnya pun kemungkinan akan terus berkembang menyesuaikan kebutuhan para pengguna.

Tinggalkan Komentar