ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Apa Sih Open GApps yang Kerap Digunakan di Handphone Tertentu?

Open GApps Feature

Gadgetren – Android masih menjadi sistem operasi yang digunakan oleh banyak handphone di seluruh dunia karena salah satunya mempunyai ekosistem aplikasi yang kuat.

Rata-rata handphone berbasis Android sudah dibekali dengan GMS (Google Mobile Services) dan Google Play Store sehingga memungkinkan pengguna dapat memakai langsung aplikasi yang mengandalkan layanan Google seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Google Camera, Google Email, dan masih banyak lagi.

Sayangnya handphone yang dibeli dari Tiongkok secara resmi tidak memiliki GMS dan Google Play Store. Selain itu, beberapa sistem operasi modifikasi Android atau ROM dari pihak ketiga terkadang tidak memiliki kedua layanan Google itu.

Untuk mengakalinya, banyak yang menggunakan Open GApps yang dikembangkan oleh OpenGApps.org. Bagi kamu yang belum tahu, Open GApps adalah sistem yang berisikan sekumpulan aplikasi-aplikasi Google dan Google Play Store yang dapat kamu install di handphone yang tidak mempunyai dukungan GMS (Google Mobile Services) secara bawaan.

Bahkan terkadang ada ROM modifikasi yang sudah sepaket dari Open GApps sehingga tidak perlu lagi mengunduh secara manual dan hanya perlu melakukan instruksi instalasi dari ROM tersebut.

HUAWEINova7-HandsOn

Biasanya agar Open GApps dapat bekerja dengan lancar dan benar, perlu dilakukan  root terlebih dulu terhadap pada handphone Android. Apabila tidak dilakukan root, terkadang Open GApps tidak bisa mengakses berkas sistem dari paket unduhan.

Bisa dibilang Open GApps berguna untuk menghadirkan GMS (Google Mobile Services) dan Google Play Store apabila handphone tidak mempunyai kedua sistem tersebut. Namun perlu dicatat, cara instalasi dari Open GApps cukup merepotkan dan bisa menjadi masalah apabila tidak benar.

Dibandingkan membeli handphone dari Tiongkok yang tidak memiliki GMS dan Google Play Store, sebaiknya kamu membeli handphone Android secara resmi di Indonesia karena memiliki banyak keuntungan.

Tentunya handphone Android yang dijual resmi di Indonesia sudah didukung GMS, Google Play Store, IMEI yang telah terdaftar, dan layanan purna jual yang mudah. Apalagi kamu akan repot apabila handphone kamu rusak karena service center tidak mau menangani handphone tidak resmi dari Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar