Berita

Bocoran Tampilan Windows 11 Bertebaran di Internet, Hadir Pada Tanggal 24 Juni 2021?

Microsoft-Event-Windows-11

Gadgetren – Microsoft melalui akun Twitter Windows telah menyebarkan undangan perhelatan teknologi baru pada tanggal 24 Juni 2021 mendatang yang dirumorkan banyak pihak merupakan ajang untuk memperkenalkan Windows 11 ke publik.

Walaupun begitu masih belum dapat dipastikan kebenarannya hingga kini karena pihak Microsoft belum juga mengonfirmasinya dalam bentuk siaran resmi. Sementara itu, bocoran mengenai desain User Interface (UI) atau tampilan antarmuka yang diyakini sebagai Windows 11 pun mulai menyeruak di jagat maya.

Hal ini berawal dari tangkapan layar situs Tiongkok bernama Baidu yang mana menampilkan dua gambar yang diperkirakan UI dari Windows 11. Pada gambar tersebut terlihat jelas deretan ikon taskbar Windows yang tak lagi berada di sisi kiri desktop melainkan bergeser ke tengah desktop.

Namun pada bocoran itu pengguna masih bisa mengatur deretan ikon taskbar ke kiri seperti Windows 10. Selain itu, bagian menu tampak tidak lagi memiliki Live Tiles tetapi akan menampilkan beberapa hal baru.

Windows-11-Bocoran-Menu

Dari paling atas terdapat aplikasi yang disematkan (pinned), rekomendasi dari file terbaru, dan gambar akun pengguna di samping ikon power untuk memulai ulang atau mematikan perangkat Windows 11.

Jika kamu familiar dengan Windows 10 setelah ikon Cortana, nah pada bocoran itu menampakkan ikon pengganti yang juga terasa baru. Ikon tersebut dirumorkan berfungsi sebagai penghubung ke kanal informasi seperti berita baru, cuaca, dan konten web lainnya.

Bocoran Windows 11 juga akan memberikan pilihan tema gelap selain terang, glow, dan masih banyak lagi. Sementara tampilan antarmuka ikon pencarian tergolong masih sama seperti Windows 10 dimana menyarankan beberapa aplikasi yang baru digunakan hingga yang sering digunakan.

Widget-Windows-11-Bocoran

Namun dilihat dari bocoran gambar Windows 11, pada bagian kanan bawah terdapat penambahan lain berupa pencarian cepat dan ikon manajemen jendela lewat File Explorer.

Pada saat menekan ikon layar maksimal akan timbul empat pilihan mode jendela sehingga memungkinkan pengguna melakukan aktivitas multitasking dengan mudah pada desktop agar bisa melihat lebih dari satu jendela aplikasi.

Bocoran-bocoran tampilan antarmuka Windows 11 di atas disinyalir berasal dari Microsoft Windows yang disebut Version Dev dengan nomor 21996 untuk Windows 11 Pro.

Tinggalkan Komentar