Berita

HP Indonesia Bakal Gelar Pelatihan Pembelajaran Virtual Gratis Buat Guru

HP-Virtual-Learning-Series-Feature

Gadgetren – Hawlett-Packard (HP) Indonesia bersama dengan pemerintah dikabarkan akan menggelar pelatihan untuk para guru agar dapat berkembang di tengah pembelajaran virtual selama pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan langsung oleh Frans Adiredja selaku Head of Commercial Personal System, HP Inc. Indonesia. Frans mengatakan bahwa HP Virtual Learning Series yang bertajuk Semangat Guru merupakan usaha HP bersama dengan pemerintah memberikan akses pendidikan agar semakin luas di Indonesia.

“Kami berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk memberikan akses pendidikan kepada 100 juta orang di tahun 2025 dimana teknologi dibutuhkan untuk menjembatani pendidikan di antara guru dan murid,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek mengungkapkan bahwa HP Virtual Learning Series merupakan platform untuk guru belajar dan berbagi.

“Program ini mendukung guru meningkatkan keahlian pembelajaran dengan teknologi selama pandemi COVID-19,” terangnya. Nunuk menyebutkan akan tersedia enam seri pembelajaran yang diberikan lewat sistem LMS Kemendikbudristek.

HP-dan-Prof.-Dr.-Nunuk-Suryani-M.Pd

Di antaranya ada beragam pelatihan keahlian seperti berbicara di depan publik serta penggunaan teknologi untuk pembelajaran dengan aplikasi tertentu dimana akan melibatkan banyak pembicara dan bisa diikuti oleh 5.000 guru secara gratis.

Frans menambahkan bahwa program ini akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2o21 dengan membawa semangat Hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2021. Sementara untuk guru yang boleh mengikuti pelatihan ini harus guru yang sudah terdaftar melalui aplikasi resmi dari Kemendikbud.

Sementara itu, Vena Anisa selaku Co-Founder V&V Communication yang menjadi salah satu pembicara menjelaskan bahwa program ini tidak menyediakan perangkat gawai gratis untuk guru, namun guru diharapkan bisa memaksimalkan dengan gawainya yang telah dimiliki.

HP-Virtual-Learning-Series-Tutor

“Jantung program ini justru agar guru bisa memanfaatkan teknologi yang sudah dipunya. Di sini proses pembeljarannya untuk menggunakan teknologi bahkan yang paling sederhana pun sehingga sesuai tujuan program ini fokus ke nilai gotong royong,” ujar Vena.

Setelah mengikuti rangkaian HP Virtual Learning Series, para guru selain akan mendapatkan ilmu dan modul inspiratif juga akan memperoleh sertifikasi. Frans pun berharap program ini tidak akan berhenti sampai di situ saja.

“HP bersama dengan pemerintah akan terus berkesinambungan bekerja sama untuk memecahkan tantangan para guru dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran secara virtual dengan baik dan benar,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar