Berita Operator Seluler

Apa Potensi Penggunaan 5G di Indonesia Masa Mendatang Bila Sudah Optimal?

vivo Y52s 5G

Gadgetren – Jaringan 5G Telkomsel yang ada saat ini seperti yang telah dikatakan oleh para pakar masih belum ideal atau optimal untuk mencapai kecepatan internet yang maksimal.

Namun demikian langkah pemerintah bersama Telkomsel ini patut untuk diapresiasi sebagai tahap awal pelaksanaan telekomunikasi 5G yang nantinya bakal bisa digunakan secara merata oleh masyarakat  Indonesia.

Untuk segi kapasitas dan kecepatan, jaringan 5G Telkomsel mengandalkan lebar pita 50MHz pada frekuensi 2300MHz. Namun menurut pakar dibutuhkan lebar pita 100MHz untuk dapat mencapai kecepatan 1 Gbps.

Sementara, berdasarkan paket promo internet 5G yang ditawarkan oleh Telkomsel sendiri hanya bisa mencapai 700MBps untuk perangkat handphone dan 400MBps untuk perangkat modem rumahan. Di sisi lain, jagat maya juga telah membicarakan bahwa teknologi 5G mempunyai potensi yang menjanjikan untuk membuka cakrawala baru mengenai dunia internet.

Lalu seberapa jauh prospek yang diberikan oleh jaringan 5G ini ke depannya jika telah memaksimalkan potensinya nanti? Pengamat dan Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute bernama Heru Sutadi menyampaikan bahwa 5G akan memberikan banyak keuntungan untuk masyarakat Indonesia.

“Tentu ini akan meningkatkan akses kecepatan data lebih tinggi yang akan mendorong transformasi digital, mendukung bilamana pandemi berlangsung lama, investasi akan masuk Indonesia, pemanfaatan untuk membangun smart city, dan mendorong industri 4.0,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

OPPO 5G Speed

Hal senada juga diungkapkan oleh Nonot Harsono selaku Pengamat Telekomunikasi Indonesia. Ia menuturkan bahwa kecepatan 5G dapat jauh lebih cepat dibandingkan jaringan 4G, bahkan bisa lebih cepat dari WiFi tertentu.

Dengan begitu akan membuka peluang pengunduhan film kualitas 4K, game-game berat, dan aplikasi  berat tanpa menunggu waktu yang lama. Meskipun bakal setara WiFi, Nonot mengingatkan kembali bahwa kecepatannya bergantung dari jumlah pengguna di saat yang bersamaan.

“Nanti akan mengganti WiFi karena di luar rumah sudah pakai 5G. Lalu saat masuk ke rumah, gawai tetap nyambung, namun akses pindah ke WiFi,” ujar Nonot. Nonot menambahkan jika kecepatan akses 5G nantinya makin tinggi, maka masyarakat Indonesia bakal senang mengakses apapun menjadi lebih semakin mantap.

Telkomsel-5G-Unlock-The-Future

Potensi penggunaan optimal 5G lainnya juga telah disebutkan oleh Telkomsel dimana 5G akan membuka peluang pengalaman gaming ultra, video call, augmented reality, dan menikmati konser virtual serasa menonton langsung.

Melalui keterangan resminya, Telkomsel pun bakal memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru untuk koneksi, platform digital, dan layanan digital di Indonesia serta pengembangan solusi teknologi masa depan seperti Artificial Intelligence (Al), cloud computing, dan Internet of Things (IoT).

Semuanya dinilai Telkomsel akan mengarah pada pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan masih banyak lagi. Melalui solusi baru akan memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Tinggalkan Komentar