Aplikasi Berita

Chrome Android Hadirkan Fitur Peringatan Keamanan Untuk Menjaga Kata Sandi

Google-Chrome-Hadirkan-Fitur-Peringatan-Keamanan-dan-Perbaikan-Kata-Sandi.

Gadgetren – Selain membawa pembaruan pada Android 12 versi beta, Google I/O 2021 turut memperkenalkan fitur peringatan keamanan untuk menjaga privasi kata sandi pengguna di peramban Chrome.

Nantinya Google akan membantu pengguna terkait adanya pelanggaran kata sandi yang dicuri atau diketahui pihak ketiga. Peringatan tersebut akan dikirim secara otomatis kepada pengguna dengan menampilkan situs mana yang mengalami kebocoran data.

Sejalan dengan itu, Google ke depannya akan menghadirkan fitur mengubah kata sandi setelah pengguna menerima peringatan situs mana yang telah dicuri kata sandinya. Pengguna pun akan langsung masuk ke dalam situs yang dicurigai dan diminta langsung mengubah kata sandi sesegera mungkin.

Selain itu, Google tengah membangun teknologi Duplex di Web dimana Chrome menggunakan teknologi tersebut untuk lebih mengembangkan ke tingkat selanjutnya. Fitur ini sendiri telah diperkenalkan oleh Google untuk pertama kalinya pada tahun 2019 sehingga Google Assistant dapat membantu pengguna menyelesaikan tugas di peramban seperti membeli tiket film.

Google kemudian memperluas ke lebih banyak tugas seperti membantu jutaan orang setiap minggu memesan makanan dan check-in untuk penerbangan. Perubahan kata sandi secara otomatis ini menurut pihak Google akan diluncurkan secara bertahap di Chrome untuk perangkat Android bagi pengguna yang telah menghubungkan sandi mereka pada situs-situs tertentu.

Chrome-Perbaiki-Kata-Sandi-Yang-Dicuri

Negara yang pertama kali mencicipi fitur peringatan keamanan dan mengubah kata sandi ini bakal mulai diterapkan di Amerika Serikat dan akan tersedia di lebih banyak situs serta lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang.

Pembaruan peringatan keamanan dan mengubah kata sandi ini sengaja dibuat Google untuk memudahkan pengguna dalam mengelola kata sandi yang biasanya memakan waktu untuk mengingat dan membutuhkan proses yang panjang bila ingin diubah secara manual.

Pengguna biasanya harus masuk ke dalam situs, selanjutnya menemukan pengaturan akun di situs, dan membuka halaman kata sandi. Di sana barulah bisa mengubah dan menyimpan password baru. Untuk saat ini, Google pun menyebutkan Chrome dapat memperbaiki kata sandi yang dicuri atau diketahui orang ketiga setiap kali mendeteksi pelanggaran.

Tinggalkan Komentar