Smartphone

Total RAM OPPO A74 Bisa Bertambah Sampai 11 GB Karena Fitur Baru Ini!

OPPO A74 RAM Expansion Feature

Gadgetren – Sebagai salah satu handphone kelas menengah unggulan OPPO di tahun 2021, OPPO A74 dibekali dengan beragam fitur baru yang bakal menarik perhatian penggunanya.

Melalui pembaruan ColorOS 11.1 versi CPH2219_11_A.16, pengguna OPPO A74 akan mendapatkan fitur unik bernama Memory Expansion atau RAM Expansion.

RAM Expansion adalah fitur terbaru yang dibuat oleh OPPO dengan memanfaatkan ruang penyimpanan internal yang kosong atau sedang tidak terpakai untuk ditambahkan menjadi RAM. Dengan kata lain, fitur ini mampu meningkatkan kinerja dari OPPO A74, terutama untuk aktivitas multitasking.

Sementara itu, OPPO juga mengklaim bahwa fitur RAM Expansion bisa mengurangi lag ketika pengguna menjalankan banyak aplikasi maupun game dalam OPPO A74.

OPPO A74 Update RAM Expansion

Sebagai catatan, penyimpanan internal dari OPPO A74 menggunakan UFS 2.1 dengan kapasitas 128 GB. Teknologi tersebut memiliki kecepatan baca lebih dari 850 MBps dan kecepatan tulis lebih dari 250 MBps sehingga kapasitas kosongnya dapat dipinjam untuk menjadi RAM.

Fitur RAM Expansion kemudian hadir untuk mengizinkan pengguna OPPO A74 menambahkan RAM dengan pilihan 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Dengan kata lain, handphone ini dapat memiliki kapasitas total RAM hingga 11 GB dengan gabungan RAM bawaan 6 GB dan fitur RAM Expansion yang meminjam kapasitas internal maksimal 5 GB.

Sebagai syarat untuk bisa menikmati fitur RAM Expansion, OPPO A74 yang digunakan sudah harus mendapatkan ColorOS 11.1 versi CPH2219_11_A.16. Jadi pastikan sudah menggunakan versi sistem operasi terbaru.

OPPO A74 RAM Expansion

Apabila sudah update ke versi CPH2219_11_A.16, maka pengguna hanya perlu masuk ke menu About Phone yang berada di halaman atau aplikasi Settings. Selanjutnya, pengguna dapat memilih informasi RAM untuk menuju halaman RAM Expansion.

Pada halaman RAM Expansion, pengguna dapat memilih kapasitas internal kosong yang akan dijadikan RAM dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5 GB untuk disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan. Tentunya pemilihan kapasitas maksimal akan membuat kinerja multitasking dari OPPO A74 semakin meningkat.

Setelah memilih kapasitas pada RAM Expansion, maka pengguna dapat melakukan restart handphone. Setelah OPPO A74 menyala kembali, maka fitur RAM Expansion secara otomatis akan diterapkan pada sistem.

OPPO A74

Apabila pengguna memilih kapasitas 5 GB, maka pada halaman About Phone akan tertulis RAM 6 GB + 5 GB (Expansion). Fitur ini sendiri bisa dibilang akan terasa berpengaruh ketika membuka banyak aplikasi maupun melakukan aktivitas multitasking di OPPO A74.

Meskipun RAM 6 GB bawaan memang sudah terbilang mumpuni agar aktivitas multitasking berjalan lancar, namun performa OPPO A74  akan terasa lebih lancar dengan hadirnya penambahan memori lewat fitur RAM Expansion.

Sebagai perangkat masa kini, OPPO A74 telah menghadirkan fitur unik seperti RAM Expansion yang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan harga banderol mencapai Rp 3.499.000.

Tinggalkan Komentar