Aksesoris Mading

Praktis dan Murah, Dongle Bluetooth PC dan Laptop Untuk Pairing Aksesoris Nirkabel

Dongle Bluetooth PC laptop murah header

Gadgetren – Bluetooth merupakan standar teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang sudah sangat lazim dipakai oleh masyarakat modern. Hampir semua gawai elektronik yang beredar saat ini menyediakan fitur Bluetooth untuk memudahkan proses pairing yang lebih praktis tanpa kehadiran kabel.

Dalam konteks komputer personal (PC), Bluetooth telah menjadi fitur yang nyaris dimiliki produk keluaran terkini. Sebaliknya, komputer meja alias desktop atau laptop keluaran lama biasanya hadir dengan papan induk yang tidak disertai fitur ini. Akan tetapi, kamu tak perlu ganti motherboard atau beli laptop baru. Solusi paling murah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membeli Bluetooth receiver.

Bluetooth receiver atau dongle Bluetooth adalah sejenis perangkat mungil seukuran flash drive yang berfungsi untuk menjembatani desktop PC kamu dengan gawai nirkabel tertentu via konektivitas Bluetooth.

Sebagian besar dongle Bluetooth yang ada di pasaran umumnya telah mendukung versi 4.0 serta sistem operasi Windows Vista ke atas. Kamu bisa menggunakannya untuk menghubungkan keyboard, mouse, atau gamepad dengan desktop atau laptop kamu.

Dengan fungsinya yang luar bisa berguna, sebaiknya kamu memutuskan untuk membeli dongle Bluetooth. Harganya pun terjangkau dan rata-rata berkisar di angka 100 ribuan.

Rekomendasi Bluetooth Dongle Untuk Laptop dan PC

NamaHarga
Avantree BTDG-40SRp 137.000
TP-Link UB400Rp 76.000
Baseus Bluetooth AdapterRp 65.000
UGREEN Dongle BluetoothRp 75.000
Orico BTA-508Rp 90.000

Avantree BTDG-40S

Avantree BTDG-40S

Dongle Bluetooth dari Avantree ini merupakan produk yang patut kamu beli jika kamu rutin memasangkan keyboard atau mouse nirkabel berbasis Bluetooth kamu dengan komputer meja atau jinjing. Dimensinya sangat mungil. Hanya dilengkapi moncong USB dengan grip membulat yang berukuran separuhnya.

Cukup colokkan ke port USB, kamu sudah bisa menyambungkan periferal tanpa perlu menginstal driver. Perangkat ini mendukung profil suara A2DP, namun tidak dengan codec aptX yang lebih superior.

Dongle Bluetooth Avantree BTDG-40S kompatibel dengan PC bersistem operasi Windows 7/Vista/8/10. Kalau kamu punya gamepad konsol PlayStation 4, perangkat mungil ini bisa menjadi jembatan penghubung. Namun, disebutkan bahwa gamepad Xbox atau Nintendo tidak didukung oleh sistem dongle ini.

TP-Link UB400

TP-Link UB400

Seumpama kamu lebih tertarik pada jenama yang lebih familiar, menurut kami tidak ada rekomendasi yang lebih baik dari TP-Link UB400. Harganya terjangkau dan fungsi dasar sebagaimana rata-rata aksesoris sejenis semua punya.

Dongle Bluetooth USB ini mendukung protokol Bluetooth 4.0 dan kompatibel dengan perangkat sumber yang dibekali Bluetooth generasi lebih lawas. Perangkat ini sangat kompatibel dengan hampir semua sistem operasi Windows, mulai dari Windows 10, 8, 8.1, 7, dan bahkan XP. Jangkauan transmisinya mencapai 10 meter yang kami yakini sudah cukup untuk kebutuhan kamu.

Seperti Avantree BTDG-40S, dimensi TP-Link UB400 sangat mungil. Jadi kami sarankan kamu untuk menyimpannya ke dalam saku ransel atau wadah khusus apabila sedang tidak dipakai. Sementara jika digunakan pada laptop, sebaiknya pasang terus di port USB. Toh, ukurannya tidak sepanjang flash drive.

Baseus Bluetooth Adapter

Baseus Bluetooth Adapter

Salah satu brand yang dikenal sudah kenyang menciptakan berbagai aksesoris yang diperlukan para pecinta gawai ini pun pada akhirnya ikut melepas dongle Bluetooth buatannya.

Dongle Bluetooth ini mendukung Bluetooth versi 4.0 dengan fitur Bluetooth Low Energy serta Enhanced Data Rate (EDR) untuk kecepatan data mencapai 2Mbps. Produk yang tersedia dalam warna hitam dan putih ini juga mengemas protokol A2DP untuk pengalaman audio yang oke serta ARVCP untuk memudahkan pengaturan playback dari gawai sumber.

Jangkauan operasinya mencapai 10 meter. Jadi seandainya kamu bermain game PC di atas sofa sekalipun, seharusnya dongle ini masih sanggup menangkap sinyal Bluetooth. Khusus untuk pengguna Windows 8/8.1/10, kamu tak perlu menginstal driver yang disertakan dalam paket penjualannya.

UGREEN Dongle Bluetooth

UGREEN Dongle Bluetooth

Produsen aksesoris lainnya yang punya koleksi dongle Bluetooth terjangkau adalah UGREEN. Ia memiliki fitur mendasar seperti Baseus, yang meliputi protokol A2DP, Bluetooth Low Energy, serta Enhanced Data Rate.

Namun, selain A2DP, dongle Bluetooth UGREEN ini juga mengemas protokol aptX yang secara teori dapat mengolah suara untuk speaker atau headphone Bluetooth dengan lebih baik lagi. Ada satu lampu LED yang berguna sebagai indikator bahwa dongle tengah bekerja. Selain itu, jangkauannya sedikit lebih jauh, yakni 15 meter.

Dongle Bluetooth UGREEN ini dapta kamu pasangkan dengan sistem operasi Windows XP/Vista/7/8/8.1/10. Sayangnya, aksesoris mungil ini tidak kompatibel dengan OS Linux, MacOS, atau sistem audio teater dan otomotif (dashboard mobil).

Orico BTA-508

Orico BTA-508

Berbeda dari produk-produk sebelumnya, Bluetooth receiver mungil ini sudah mendukung versi 5.0. Keuntungannya dengan dongle Bluetooth 5.0, kamu dapat menikmati pancaran sinyal yang lebih stabil, kompatibilitas yang lebih beragam, serta jangkauan transmisi yang lebih jauh (mencapai 20 meter).

Untuk kamu yang rutin mengirim berkas dari handphone ke PC atau sebaliknya, kamu juga akan diuntungkan dengan kecepatan transfer data yang lebih kencang dibandingkan dongle Bluetooth 4.0. Perlu kamu catat, pemasangan perdana Bluetooth receiver ini memerlukan instalasi driver untuk semua sistem operasi Windows modern.

Selain mouse dan keyboard, kamu dapat menyambungkan printer Bluetooth, gamepad, maupun gawai berbasis Bluetooth lainnya. Khusus untuk headset, Orico menjamin bahwa produk besutannya ini sangat bisa diandalkan karena dilengkapi algoritma lossless audio untuk suara bermutu tinggi dan rendah latency.

Tinggalkan Komentar