Aplikasi Mading

Kreasikan Kartu Ucapan Digital Untuk Salam Sapa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Aplikasi Berikut

aplikasi-kreasikan-kartu-ucapan-digital-ramadan

Gadgetren – Setiap orang punya caranya masing-masing untuk merayakan kedatangan bulan Ramadan yang resmi menghampiri.

Ada yang berkumpul bersama keluarga besar, berbondong-bondong pergi ke restoran bersama kawan satu kelas, atau melanjutkan tradisi berziarah makam.

Bagaimana dengan kamu? Seperti apa cara kamu untuk menyambut bulannya ladang kebaikan ini? Kalau belum kepikiran, biar kami usulkan kamu untuk membuat kartu ucapan digital khas Ramadhan. Hitung-hitung sarana silaturahmi ke sesama, benar kan?

Lalu mengapa harus digital? Karena saat ini kami asumsikan hampir semua orang dari berbagai kalangan dan latar usia sudah memiliki handphone. Jadi kesannya akan lebih praktis apabila kamu mengkreasikan kartu ucapan secara digital dan mengirimkannya langsung ke media sosial atau alamat surel rekan yang kamu tuju.

Bukan hanya itu, merebaknya aplikasi penyuntingan gambar juga semakin membulatkan usulan kami agar kamu sebaiknya membuat kartu ucapan ini secara digital dan menghindari cetakan fisik yang justru memakan biaya dan berpotensi menambah tumpukkan limbah lingkungan.

Seperti sejumlah aplikasi editing kartu ucapan digital khusus platform Android berikut ini yang semuanya bersifat gratis dengan kompensasi berupa tayangan iklan yang muncul sesekali. Namun, kami pastikan kemunculan iklan dalam aplikasi ini tidak akan mengganggu proses editing yang kamu kerjakan.

evite

evite

Aplikasi yang juga tersedia di sistem operasi iOS ini merupakan salah satu sesepuh di bidang pembuatan kartu ucapan digital yang paling andal.

Di evite, kamu dapat mengolah beragam jenis kartu ucapan untuk memperingati hari yang spesial mulai dari undangan pernikahan, hari ibu, hari ulang tahun anak-anak, dan tentunya acara keagamaan. Dan secara khusus, aplikasi ini pun telah menyediakan desain template untuk kartu ucapan Ramadhan atau ajakan berbuka puasa bersama.

Cukup pilih template yang sesuai (kamu bisa ketikkan kata kunci ‘Ramadan’ di kolom pencarian), lalu edit desain surat, warna amplop, dan jangan lupa untuk mencantumkan rincian tanggal maupun pesan yang ingin kamu sampaikan. Kalau mau, kamu pun bisa menyelipkan video singkat ke dalam undanganmu. Undangan ini dapat kamu kirim langsung ke email, media sosial, atau pengguna yang juga menggunakan aplikasi Evite.

Flyers, Poster Maker, Graphics Design, Banner Maker

Flyers, Poster Maker, Graphics Design, Banner Maker

Seperti halnya Evite, premis aplikasi ini sederhana saja, yakni untuk mengolah dan mengirimkan poster digital atau brosur dengan mudah kepada siapapun yang ingin kamu tuju.

Kamu tak perlu banyak mengulik tool dalam aplikasi ini, karena yang kamu perlukan adalah memilih template yang tepat lalu sedikit mengolah elemen lainnya seperti caption, mengganti warna huruf, ukuran, maupun jenisnya hingga sesuai dengan preferensi kamu.

Untuk versi gratis, cukup banyak template yang khusus ditujukan sebagai kartu ucapan bertema Ramadan. Namun, jika kamu berniat untuk mengadakan acara formal, kami sarankan untuk meng-upgrade aplikasi ke versi premium untuk template desain yang lebih menarik dan profesional.

Canva

Canva

Jika harus menyebut satu aplikasi penyuntingan poster dan kartu ucapan terbaik, Canva bisa menjadi pilihan. Canva adalah aplikasi terbaik yang menyediakan tool lengkap dan cukup mudah dipelajari oleh kalangan amatir sekalipun.

Sebagai platform editing yang lengkap dan telah diunduh jutaan pengguna, tentu saja Canva menyediakan template untuk sambut bulan suci Ramadan. Ada template menarik yang cukup kamu ubah ucapan selamatnya. Kami merekomendasikan kamu untuk memilih template yang menyediakan frame untuk foto. Jadi, kamu bisa menggantinya dengan foto keluarga atau kawan-kawan kamu.

Kamu bisa mengolah kartu ucapan digital tersebut dengan mengoprek macam-macam elemen pendukung, seperti menambahkan efek, filter, atau bahkan menerapkan gerakan animasi untuk foto atau untaian kata yang tercantum di sana. Mirip seperti yang ditunjukkan Power Point.

Adobe Spark Post

Adobe Spark Post

Dari ekosistem Adobe yang padu, lahirlah sebuah aplikasi bernama Adobe Spark Post. Aplikasi ini penting dan sangat berguna bagi mereka yang senang mengkreasikan desain visual digital untuk poster, spanduk, sampul, atau grafik presentasi secara on-the-go.

Termasuk di dalamnya adalah pembuatan kartu ucapan digital. Adobe Spark Post menawarkan cukup banyak tema Ramadhan dengan kostumisasi yang lengkap, meliputi warna dan ukuran huruf, pengaturan transparansi, efek, serta layout untuk poster atau kartu ucapan yang sedang kamu edit.

Satu hal yang paling kami sukai adalah banyaknya pilihan palet warna dasar untuk tiap template yang secara drastis mengubah nuansa template itu sendiri. Sebagaimana aplikasi sejenis lainnya, Adobe Spark Post membebankan biaya berlangganan jika pengguna ingin mengaplikasikan template yang lebih menarik dan tidak terbatas.

PicsArt

PicsArt

Aplikasi populer terakhir yang dapat kamu pertimbangkan untuk pembuatan kartu ucapan digital untuk silaturahmi di bulan Ramadan adalah PicsArt.

Untuk mengkreasikan karya digital di PicsArt, kamu perlu sedikit keterampilan. Sebab, PicsArt tidak menyediakan template khusus yang bisa kamu aplikasikan dengan hanya mengganti kata-kata atau kalimat di sana. Kamu mesti membangun semuanya dari awal. Tapi dengan kelengkapan tool yang dimilikinya, bisa dikatakan bahwa kreativitas yang dapat kamu tuangkan jadi nyaris tidak terbatas.

Untungnya berkat komunitas yang sudah sangat matang, kamu bisa menemukan berbagai tutorial dari para pengguna PicsArt lainnya untuk membuat kartu ucapan digital. Tersedia pula banyak template dan stiker yang efektif untuk mempercantik karya kamu. Ya, termasuk template dan stiker bertema Ramadan.

Tinggalkan Komentar