Operator Seluler Tips dan Trik

Pulsa Safe Indosat Ooredoo – Dukungan Khusus Supaya Pulsamu Tetap Aman

Apa Itu Kuota Pulsa Safe Indosat Header

Gadgetren – Paket murah bukan satu-satunya strategi Indosat Ooredoo dalam menciptakan kenyamanan bagi para pelanggan karena di sisi lain mereka juga meluncurkan pelayanan menarik seperti Pulsa Safe.

Pulsa tersedot secara tiba-tiba saat kehabisan kuota internet atau masa aktif paket telah menjadi masalah klasik bagi masyarakat Indonesia yang notabene bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk kamu di dalamnya.

Sebagian besar layanan di industri telekomunikasi seluler pada umumnya memang akan mengalihkan pemakaian internet ke pulsa secara otomatis saat kuota utama yang dimiliki pelanggan sudah habis, kecuali untuk paket tanpa batas alias unlimited.

Tentu saja hal ini bisa sangat merugikan, apalagi tarif normal (non-paket) pemakaian internet dengan pulsa biasanya cukup mahal dan bisa membuat pelanggan harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Indosat untungnya mempunyai antisipasi untuk masalah seperti ini melalui layanan Pulsa Safe yang hadir di dalam sejumlah paket dan kartu perdana. Kamu pun dapat memanfaatkan dukungan ini jika ingin lebih nyaman saat berselancar di dunia maya.

Apa Itu Pulsa Safe di Indosat Ooredoo?

Pulsa Safe adalah dukungan baru yang diperkenalkan oleh Indosat. Melalu fitur ini, para pelanggan operator seluler berwarna dominan kuning itu dapat mengamankan pulsa agar tidak terpotong secara otomatis saat kehabisan kuota internet.

Dukungan baru Indosat tersebut bakal menjadi jembatan mulus sebelum jaringan internet benar-benar terputus karena juga menjamin akses ke sejumlah layanan daring akan tetap tersedia sehingga pelanggan dapat mempersiapkan diri.

Kamu dapat menggunakan kuota Pulsa Safe tersebut di seluruh wilayah Indonesia selama jaringan Indosat tersedia (baik itu untuk 2G, 3G, maupun 4G) sepanjang hari tanpa pembagian atau batasan waktu.

Pulsa Safe sendiri sekarang ini sudah tersedia untuk pelanggan pascabayar maupun prabayar Indosat. Jika menginginkannya, kamu bahkan hanya perlu memilih salah satu paket yang didukung oleh fitur tersebut.

Cara Mengaktifkan Pulsa Safe Indosat Ooredoo

  • Membeli kartu perdana baru (Starter Pack) Indosat Ooredoo
  • Berlangganan paket Yellow
  • Berlangganan paket Freedom U
  • Berlangganan paket Freedom Combo
  • Berlangganan paket Freedom Internet

Jika merujuk beberapa hal di atas, maka pelanggan prabayar Indosat yang ingin memanfaatkan Pulsa Safe secara khusus dapat mendaftarkan diri ke paket Yellow, Freedom U, Freedom Combo, atau Freedom Internet.

Apa Itu Kuota Pulsa Safe Indosat - Paket

Sedangkan bagi para pelanggan pascabayar Indosat, kamu hanya bisa menemukannya pada paket Freedom U atau Freedom Internet Bulanan karena sampai pada saat tulisan ini dimuat belum tersedia untuk Freedom Postpaid.

Ketika pelanggan mengaktifkan perdana baru atau memilih salah satu paket Indosat di atas, pemakaian internet bakal dialihkan ke Pulsa Safe secara otomatis jika kuota atau masa aktifnya habis.

Hanya saja perlu diketahui, tarif Pulsa Safe untuk setiap paket sayangnya berlaku secara berbeda-berbeda. Oleh karenanya, kamu tentu perlu mempertimbangkan mana yang paling pas.

Tarif Pulsa Safe Indosat Ooredoo

Jenis PaketKetentuanTarif Maksimal
IM3 Ooredoo Starter PackTergantung paket di dalamnyaRp 10.000/hari
Paket Yellow KuotaPulsa Safe sebesar 50 MB dengan kecepatan 64KbpsGratis
Paket Freedom UKuota Pulsa Safe berkecepatan 64KbpsRp 10.000/hari
Paket Freedom Internet 30 Hari dan LonglifePulsa Safe sebesar 1GB dengan kecepatan 64KbpsGratis
Paket Freedom Internet 5 HariPulsa Safe sebesar 500MB dengan kecepatan 64KbpsGratis
Paket Freedom ComboKuota Pulsa Safe Hingga 2MB (Rp 5/KB)Rp 10.000/hari

Secara umum, kecepatan internet saat layanan masuk ke dalam mode Pulsa Safe adalah 64Kbps. Yang mana di sisi teknis, ini sebenarnya sudah cukup untuk mengakses layanan pesan singkat seperti WhatsApp dan Telegram maupun halaman internet yang ringan.

Setelah batas pemakaian tercapai atau kuota Pulsa Safe habis, Indosat menariknya bakal langsung memutus koneksi internet sehingga sisa pulsa tetap aman. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini ilustrasi penerapannya.

Ilustrasi Penerapan Pulsa Safe Indosat Ooredoo

  1. Pelanggan membeli Starter Pack atau Paket yang mendukung Pulsa Safe
  2. Kuota internet atau masa aktif habis tapi belum beli paket baru
  3. Pulsa Safe akan segera aktif sesuai ketentuan masing-masing
  4. Pulsa akan terpotong hingga tarif maksimal tercapai
  5. Batas pemakaian wajar atau kuota Pulsa Safe habis, internet langsung terputus sehingga pulsa aman
  6. Pelanggan perlu beli paket lagi jika ingin segera mengakses layanan internet

Bagi sebagian orang, kebijakan Pulsa Safe mungkin cukup merugikan karena mereka tetap perlu membayar untuk kuota kecil dengan kecepatan rendah. Oleh karenanya, kamu perlu rajin-rajin mengecek paket internet Indosat agar tidak terkena dampaknya.

Cara Mengecek Kuota Internet Indosat Ooredoo

Menggunakan Aplikasi myIM3

  1. Pasang aplikasi melalui Google Play Store, HUAWEI AppGallery, atau Apple App Store
  2. Jalankan aplikasi lalu login dengan nomor telepon Indosat yang kamu pakai
  3. Masukkan kode verifikasi yang kamu terima melalui SMS
  4. Di halaman utama, kamu bisa langsung melihat profil nomor seperti sisa pulsa dan kuota internet yang dimiliki

Mengecek kuota melalui aplikasi myIM3 merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Kamu pun dapat memanfaatkan hal ini, apalagi layanan juga mendukung sejumlah fitur penting seperti pembelian paket data.

Namun jika tidak ingin kehilangan sebagian kuota untuk mengunduh aplikasi, kamu pun dapat memanfaat metode pengecekan lain seperti menggunakan kode USSD. Berikut langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk melakukannya.

Menggunakan Kode USSD

  1. Buka dialpad seperti saat ingin membuat panggilan telepon
  2. Ketik *363# lalu ketuk tombol Panggil
  3. Pilih opsi Info lalu Cek Kuota dengan mengetikkan nomor yang sesuai dan mengetuk tombol Kirim

Informasi mengenai sisa kuota yang dimiliki oleh pelanggan tidak akan langsung ditampilkan karena biasanya akan dilaporkan melalui sebuah SMS khusus bersama dengan data-data terkait seperti masa aktifnya.

Jika mengecek kuota melalui kode USSD dirasa sedikit ribet, kamu pun dapat melakukannya melalui SMS yang mempunyai tahapan lebih sederhana dan juga tidak perlu memasang aplikasi apa pun.

Menggunakan SMS

  1. Buka aplikasi pesan di handphone yang kamu pakai
  2. Masukkan nomor 363 pada bagian penerima
  3. Ketik USAGE pada bagian isi pesan
  4. Klik Kirim

Tunggu beberapa saat hingga Indosat mengirim balasan terkait informasi sisa kuota yang kamu punya. Sama seperti saat mengeceknya menggunakan kode USSD, kamu pun akan memperoleh keterangan yang sangat detail dalam hal ini.

Perlu sedikit saya tambahkan bahwa mengecek kuota internet Indosat melalui SMS pun tidak akan terkena biaya. Kamu bisa melakukannya meskipun mereka tidak mempunyai pulsa sedikit pun.

Pulsa Safe merupakan dukungan yang cukup menarik dari Indosat. Namun karena mempunyai kebijakan berbeda-beda, ada baiknya memilih paket sesuai dengan preferensi yang kamu miliki.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar