Berita Smartphone

Pengguna Xiaomi di Tiongkok Keluhkan Tak Bisa Pasang GMS, Bagaimana dengan Indonesia?

Xiaomi Logo

Gadgetren – Belakangan ini beredar kabar bahwa pengguna perangkat Xiaomi di Tiongkok melaporkan tidak dapat memasang layanan Google Mobile Service (GMS).

Seperti dilansir melalui Gizmochina, permasalahan tersebut diduga terjadi setelah Xiaomi menggelontorkan update terbaru tampilan antarmuka MIUI 12.5. Kemudian pada tanggal 5 Februari 2021 lewat Juru Bicara Perusahaannya, Xiaomi mengunggah pernyataan resmi melalui postingan gambar di akun Weibo untuk merespon kabar tersebut.

Secara garis besar pernyataan resmi Juru Bicara Xiaomi mencakup empat hal. Pertama, informasi terkait GMS di ponsel Xiaomi yang dibagikan oleh grup Komunitas Xiaomi adalah tidak resmi. Kedua, Xiaomi membantah bahwa tidak benar pihaknya telah memblokir pemasangan GMS dan menyebut informasi yang telah beredar dalam hal ini laporan pengguna sebagai rumor.

Sementara poin ketiga perusahaan telah mencatat bahwa kerangka kerja GMS yang telah terpasang sebelumnya hanya untuk handphone Xiaomi tertentu yang dijual di Tiongkok dan GMS kabarnya hanya disediakan berdasarkan permintaan dari pengguna di Tiongkok.

Pada poin keempat, Xiaomi menegaskan bahwa perangkatnya untuk pasokan global tidak terpengaruh sehingga pengguna global Xiaomi dalam hal ini termasuk Indonesia masih bisa menikmati GMS di handphone baru Xiaomi dengan tampilan MIUI 12.5.

Menanggapi hal tersebut, tim Gadgetren kemudian mengonfirmasi kepada Xiaomi Indonesia. Didit Putra Erlangga selaku Corporate and Media Relations Xiaomi Indonesia membenarkan bahwa memang di Tiongkok tidak semua perangkat menggunakan GMS.

“Ada yang dilengkapi GMS sejak awal dan ada yang tidak. Kalau dari terjemahan ini, memang ada smartphone Xiaomi di Tiongkok yang dukung GMS dan ada yang tidak,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Xiaomi Mi Note 10 Pro Feature

Sementara untuk pengguna Xiaomi di Indonesia sendiri bagaimana? Didit pun memastikan bahwa pasar di luar Tiongkok aman dan semua handphone Xiaomi di Indonesia mendukung GMS. Lebih jauh, ia meyakinkan bahwa pada intinya sekali lagi tidak benar perangkat Xiaomi di Tiongkok tidak mendukung GMS.

“Handphone Xiaomi yang dijual dan dilengkapi GMS mereka tidak terimbas hal ini. Yang terimbas adalah smartphone yang dijual tanpa GMS. Yang pasti, smartphone global tidak terdampak dan Xiaomi akan menghadirkan lebih banyak tipe smartphone yang mendukung GMS untuk pasar Tiongkok,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar