ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Cuma Rp 1 Jutaan! Samsung Galaxy M02 Unggulkan Baterai 5.000mAh dan RAM 3 GB

Samsung Galaxy M02 Feature

Gadgetren – Setelah Galaxy M02s diluncurkan pada Januari 2021 silam, kini giliran Samsung meluncurkan adiknya yang bernama Galaxy M02 di India.

Bermain di segmen entry-level, Samsung Galaxy M02 mempunyai spesifikasi hardware dan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan Galaxy M02s.

Hal ini terlihat dari Samsung yang mempercayakan MediaTek MT6739W sebagai dapur pacu dari Galaxy M02. Chipset yang satu ini memiliki teknologi fabrikasi 28nm dan delapan inti CPU Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 1,5 GHz.

RAM dengan pilihan 2 GB atau 3 GB juga telah dibenamkan pada handphone ini untuk menangani aktivitas multitasking dari aplikasi yang berjalan. Sementara penyimpanan internalnya hanya berkapasitas 32 GB saja.

Untuk itu, Samsung pun telah menyematkan slot microSD dengan dukungan kapasitas hingga 1 TB pada Galaxy M02 untuk berjaga-jaga apabila kapasitas internalnya hampir penuh. Menariknya lagi, perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Selanjutnya, Samsung Galaxy M02 dibekali layar 6,5 inci dengan teknologi PLS TFT dan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) yang cukup baik dalam menampilkan konten. Layar handphone ini sendiri menggunakan desain Infinity-V yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk huruf V.

Selain itu, pada poni handphone ini terdapat kamera depan 5 MP yang dapat dimanfaatkan untuk foto selfie, video call, maupun Face Unlock. Sayangnya untuk membuat harganya menjadi murah, sensor fingerprint tidak disematkan pada Galaxy M02.

Samsung Galaxy M02 Camera

Beralih ke bagian belakang, terdapat dua kamera yang mempunyai kombinasi kamera utama 13 MP dan makro 2 MP. Dengan hadirnya kamera makro, pengguna Galaxy M02 dapat membidik obyek dari jarak dekat.

Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port jack audio 3,5mm, dan microUSB 2.0 telah dihadirkan pada handphone ini. Samsung Galaxy M02 tersedia dengan empat pilihan warna yang terdiri dari Hitam, Abu-abu, Biru, dan Merah.

Meskipun handphone keluaran tahun 2021, namun sistem operasi yang digunakan oleh Galaxy M02 masih OneUI 2.0 berbasiskan Android 10. Samsung juga tidak memberikan informasi, apakah perangkat ini akan mendapatkan update Android 11 atau tidak.

Samsung Galaxy M02 Color

Untuk saat ini, Galaxy M02 sudah dijual di India dengan harga yang mencapai 6.999 Rupee atau sekitar Rp 1,3 juta untuk varian RAM 2 GB + ROM 32 GB dan 7.499 Rupee atau sekitar Rp 1,4 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, Galaxy M02 dengan nomor tipe SM-M022F sudah lolos TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang tertera pada halaman sertifikat 75/SJ-IND.8/TKDN/1/2021 di situs P3DN Kemenperin.

Dalam halaman sertifikat TKDN tersebut, terlihat Samsung Galaxy M02 sudah berhasil mendapatkan nilai TKDN sebesar 37,60% atau melebih batas nilai standar yang ditetapkan Pemerintah Indonesia, yakni di atas 30%. Untuk itu mari kita tunggu saja kehadiran handphone ini dalam beberapa waktu ke depan di Tanah Air.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar