ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Mudah! Ini Cara Menghapus Akun Telegram Kamu Saat Sudah Tidak Ingin Menggunakannya

Cara Menghapus Akun Telegram - Header

Gadgetren  Menghapus akun Telegram merupakan langkah yang perlu dilakukan saat seseorang ingin melakukan beberapa hal seperti memformat ulang akun atau beralih ke layanan pesan singkat lain. 

Sama seperti saat ingin mengelola ID di dalam layanan ituhal tersebut pun untungnya sangat mudah untuk dilakukan oleh para pengguna TelegramKamu bahkan tidak membutuhkan persyaratan tertentu untuk melakukannya. 

Hanya saja tidak bisa dipungkiri kalau kamu memang tidak akan menemukan opsi menghapus akun secara langsung di dalam aplikasi seluler Telegram sehingga membutuhkan langkah-langkah berikut saat menginginkan hal tersebut. 

Cara Menghapus Akun Telegram 

Menggunakan Laman Web 

  1. Kunjungi halaman deaktivasi akun Telegram melalui peramban (disarankan untuk menggunakan peramban non-seluler 
  2. Masukkan nomor telepon yang kamu pakai di Telegram dengan format internasional lalu tekan tombol Next 
  3. Buka aplikasi Telegram dan cari kode konfirmasi dalam pesan terbaru dari mereka  
  4. Salin kode konfirmasi yang kamu terima  
  5. Kembali ke halaman deaktivasi akun Telegram, lalu paste kode konfirmasi tersebut ke kolom Confirmation code
    Cara Menghapus Akun Telegram - 1
  6. Centang bagian Remember Me 
  7. Lalu klik tombol Sign In 
  8. Setelah masuk ke dalam halaman Delete Your Account?, masukkan alasan kenapa kamu ingin menghapus data pada kolom Why are you leaving? jika diperlukan 
    Cara Menghapus Akun Telegram - 2
  9. Klik Delete My Account 
  10. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai jika muncul halaman pop-up konfirmasi penghapusan akun 

Yang penting untuk diingat, kode konfirmasi untuk menghapus akun milikmu akan dikirim melalui aplikasi Telegram itu sendiri, bukan SMS seperti kebanyakan layanan lain. Biasanya kode yang diberikan cukup rumit, sehingga kamu pun dapat memanfaatkan fitur copy-paste 

Selain itu, kamu wajib memakai format internasional saat memasukkan data nomor telepon seperti apa yang sudah dijelaskan. Bagi kamu yang belum tahu, menggunakan format internasional bisa dilakukan dengan membubuhkan kode negara di bagian depan.  

Pengguna dengan nomor telepon Indonesia secara khusus bisa melakukannya dengan mengganti angka nol (0) yang berada paling depan dengan kode +62. Misalnya, kamu bisa menuliskan +6281234567890 untuk nomor 081234567890.  

Fitur deaktivasi sangat cocok bagi kamu yang ingin segera menghapus akun TelegramNamun selain itu, layanan buatan Pavel Durov ini pun sebenarnya memiliki fitur otomatis untuk menghapus akun pengguna yang sudah lama tidak aktif.  

Disebut dengan Account Self-Destruction, kamu dapat menyesuaikan sendiri durasi waktu penghapusan otomatis yang mana secara mendasar akan diatur pada angka 6 bulan oleh Telegram.  

Menggunakan Fitur Account Self-Destruction 

  1. Jalankan aplikasi Telegram di handphone
  2. Ketuk Menu (ikon hamburger di bagian kiri atas)
    Cara Menghapus Akun Telegram - 3
  3. Lalu masuk ke Settings
    Cara Menghapus Akun Telegram - 4
  4. Cari dan pilih menu Privacy and Security
    Cara Menghapus Akun Telegram - 5
  5. Gulir ke bawah sampai menemukan bagian Delete my account  
  6. Klik opsi If away for
    Cara Menghapus Akun Telegram - 6
  7. Pilih durasi yang diinginkan 

Terdapat empat opsi yang bisa dipilih oleh para pengguna dalam hal ini, mulai dari satu hingga dua belas bulan. Kamu dapat menyesuaikannya berdasarkan seberapa cepat kamu ingin menghapus akun. 

Account Self-Destruction bertujuan untuk meringankan beban penyimpanan milik Telegram dengan menghapus akun yang sudah tidak aktif. Oleh karena itu jika kamu membuka layanan sebelum durasinya habis, pewaktu di dalam fitur akan menghitung dari awal kembali. 

Cara Menghapus Akun Telegram - 7

Dukungan dari Telegram ini tentunya akan sangat pas bagi kamu yang masih ragu-ragu karena bisa kembali menggunakannya sewaktu-waktu (selama durasi Account Self-Destruction belum habis) tanpa kehilangan banyak hal seperti risiko menghapus akun. 

Risiko Menghapus Akun Telegram 

Saat memutuskan untuk menghapus akun Telegram, kamu harus siap untuk membuang semua hal yang terkait dengannya. Termasuk di dalamnya adalah seluruh pesan, kontak, maupun grup yang diikuti. 

Perlu kamu tahu, menghapus akun Telegram merupakan langkah yang tidak bisa dibatalkan. Jika setelahnya memutuskan untuk kembali ke dalam layanan itu, kamu akan menjadi pengguna yang benar-benar baru seperti awal menggunakannya. 

Artinya semua histori, kontak, pesan, maupun grup sebelumnya tak akan bisa dikembalikan sehingga kamu harus memulai dari. Akun barumu bahkan akan terpisah dari riwayat obrolan lama ketika kamu mengirimi orang lain pesan. 

Telegram memang menjadi alternatif layanan pesan singkat yang menarik untuk digunakan. Meskipun demikian, menghapus akun mungkin perlu ditempuh dengan berbagai macam alasan yang kamu miliki. 

Oleh karena itu saat menemukan beberapa kendala atau mengalami kesulitan saat melakukannya, jangan ragu-ragu untuk bertanya di kolom komentar supaya bisa segera terselesaikan. 

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar