Berita Perangkat Pintar

Padukan Sensor LiDAR dan 3D, Samsung Perkenalkan Robot Penyedot Debu Berteknologi Al

Samsung-JetBot-90-AI

Gadgetren – Samsung Electronics telah memamerkan inovasi asisten rumah tangga baru dalam ajang CES 2021 yang bernama JetBot 90 AI+.

Vakum pintar ini memadukan sistem teknologi robot dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (Al) dalam setiap fiturnya. Berkat keduanya, vakum robot tersebut dapat membantu menyelesaikan tugas bersih-bersih penggunanya sehari-hari.

John Herrington selaku Senior Vice President, General Manager of Home Appliances menuturkan bahwa inovasi peralatan baru ini akan menginspirasi keluarga konsumen yang dapat sekaligus membantu membuat hidup di rumah lebih mudah dengan cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Penyedot debu robotik ini hadir menggunakan kombinasi sensor dan teknologi pengenalan objek yang telah ditingkatkan. Sensor LiDAR dalam vakum ini merupakan teknologi serupa yang dihadirkan pada mobil tanpa pengemudi.

Sensor ini mampu mendeteksi jarak dan melacak lokasi untuk pergerakan yang digadang akurat. Sementara sensor 3D bertugas mengenali perbedaan antara objek seperti mainan atau kaki kursi, mendeteksi objek kecil di lantai, dan mengenali bentuk ruangan untuk bergerak di sekitarnya.

Algoritma pengenalan objek nantinya mengidentifikasi objek dari semua jenis dan memetakan rute yang paling aman serta efisien. Kemudian, JetBot 90 AI+ akan mengambil informasi ini untuk membersihkan dari dekat barang-barang di lantai sembari menjaga jarak aman dari benda serpihan halus dan menghindari penghalang berbahaya.

Samsung-JetBot-90-AI-sensor-LiDAR-dan-3D

Saat membersihkan lantai, motor inverter digital canggih yang telah dibenamkan dalam vakum robot ini akan memaksimalkan daya hisap 30W dari sistem Jet Cyclone untuk menyedot debu dari udara dan kotoran dari lantai.

Selain itu, sikat pembersih otomatisnya yang terbuat dari serat halus tekstil tenunan dipercaya dapat menghisap debu dan menjangkau celah-celah kecil. Setelah selesai membersihkan lantai, JetBot 90 AI+ secara otomatis akan kembali ke Clean Station atau sistem pembuangan Samsung.

Samsung-JetBot-90-AI-dog-and-cat

Kemudian JetBot 90 AI+ akan mengosongkan kotoran, debu, dan rambut yang terkumpul ke dalam wadah dan hanya perlu diganti setiap dua sampai tiga bulan sekali. Vakum robotik ini digunakan dengan cara menghubungkan ke handphone melalui aplikasi Samsung SmartThings.

Lewat aplikasi tersebut, menariknya pengguna dapat menjadwalkan pembersihan, mengatur zona yang berbahaya di rumah, dan dapat mengawasi rumah meskipun saat bepergian. Sebagai tambahan informasi, JetBot 90 AI+ telah mendapat penghargaan CES Innovation Awards 2021 dan akan mulai tersedia di wilayah Amerika Serikat pada paruh pertama tahun 2021.

Tinggalkan Komentar