Tips dan Trik

Apa Sih Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh Secara Mendadak?

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh Header

Gadgetren – Layar merupakan salah satu komponen terpenting yang hadir di handphone atau HP karena berfungsi untuk memvisualisasikan sistem dan informasi yang disajikan ke pengguna.

Berkat komponen layar, kamu dapat berinteraksi dengan aplikasi, sistem operasi, fitur, dan beragam fungsi yang terdapat di handphone. Dengan kata lain, layar merupakan salah satu bagian paling vital dari sebuah handphone.

Tanpa aktifnya layar, kamu mungkin tidak akan bisa menggunakan handphone sebagaimana harusnya. Namun salah satu permasalahan yang biasanya muncul adalah layar handphone menjadi tidak dapat disentuh sama sekali. Tentu saja hal ini akan membuat kamu jengkel dan berpikir bagaimana untuk mengembalikannya menjadi normal lagi.

Sebelum itu, kamu harus mengetahui dulu beberapa faktor yang membuat layar handphone tidak bisa disentuh untuk menghindari permasalahan ini.

Masalah Sistem Operasi

Smartphone layar sentuh[Ilustrasi: Pixabay]

Biasanya pada saat handphone sudah digunakan cukup lama, maka sistem operasi terkadang akan sedikit bermasalah. Hal ini pun bisa berimbas pada layar handphone yang tidak dapat disentuh. Untuk itu, kamu bisa melakukan restart handphone untuk mengembalikan fungsinya menjadi normal.

Apabila layar masih sulit untuk disentuh, mungkin kamu dapat melakukan factory reset agar sistem operasi kembali segar seperti sedia kala. Namun jika layar masih terkendala, maka bisa saja memang terkena masalah yang lain.

Pernah Jatuh atau Terbentur

Smartphone Pecah[Ilustrasi: Pixabay]

Pada saat kamu menggunakan handphone untuk aktivitas sehari-hari, tidak menutup kemungkinan untuk terjatuh dan terbentur dengan cukup keras walaupun sudah menggunakan casing tambahan sehingga dapat menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh.

Jika tidak terlihat kerusakan fisik, layar biasanya akan kembali dapat disentuh dan merespon jari dengan baik sehingga dapat diasumsikan bahwa hanya terjadi error pada sistem operasi. Namun jika ada keruksakan fisik seperti pecah walaupun sedikit, maka bisa saja sensor sentuhan menjadi bermasalah.

Terkena Debu atau Kotor

Smartphone Kotor Debu[Ilustrasi: Pixabay]

Layar handphone tidak dapat disentuh terkadang juga bisa disebabkan karena berdebu dan kotor yang membuat respon sentuhan jari menjadi terganggu. Hal ini bisa saja disebabkan oleh hadirnya debu yang menempel pada sekat layar sentuh maupun masuk ke dalam melalui celah renggang akibat terbentur.

Semakin banyak debu atau kotoran yang menempel pada sekat layar sentuh, maka semakin kurang optimal respon sentuhan jari. Jika hanya menempel di bagian luar, maka kamu dapat membersihkan debu tersebut dengan menggunakan kain kering dan cairan pembersih layar.

Terkena Air

Smartphone Basah Air[Ilustrasi: Pixabay]

Biasanya apabila handphone yang tidak memiliki sertifikat tahan air terkena hujan atau tercebur, maka akan terkena masalah ringan seperti masih menyala tetapi layar sama sekali tidak merespon sentuh jari hingga masalah berat seperti handphone langsung mati dan tidak bisa menyala kembali.

Salah satu solusi yang kerap kali disarankan adalah mematikan handphone secara total dan menguburnya di dalam beras selama seharian atau beberapa hari. Bahan beras digadang dapat menyerap air yang telah masuk ke dalam handphone.

Namun tentu saja itu bukan solusi pasti sehingga apabila perangkat kamu benar-benar tidak bisa menyala, maka dapat menuju service center agar teknisi dapat mendiagnosis kerusakan yang terjadi.

Usia Handphone

Smartphone Layar[Ilustrasi: Pixabay]

Kita ketahui bersama bahwa perangkat elektronik masa kini biasanya memiliki masa pemakaian sekitar 3 tahun sebelum akhirnya mengalami kendala akibat digunakan secara terus meneru. Komponen layar pun tidak luput dari penurunan kemampuan dan kualitas sehingga membuat responsivitas sentuhan jari menjadi berkurang.

Jika memang handphone kamu sudah cukup berumur, maka biasanya kamu harus mengganti layar sentuhnya dengan yang baru untuk bisa digunakan kembali.

Layar Memang Rusak

Smartphone Display Error[Ilustrasi: Pixabay]

Apabila semua cara perbaikan di atas sudah tidak dapat membuat layar handphone kamu dapat disentuh, maka kemungkinan besar layar kamu sudah mengalami kerusakan yang parah. Untuk jalan keluarnya, tidak ada cara lagi selain langsung mengunjungi service center.

Jika hasil diagnosis dari teknisi service center menyatakan bahwa layar mengalami kerusakan yang parah, maka kamu harus mengeluarkan kocek yang biasanya tidak sedikit untuk mengganti layar sentuh handphone dengan yang baru.

Tinggalkan Komentar