Aplikasi Berita

Lebih Praktis, Login LINE di iPad Kini Bisa Tanpa Password Lho

Line Logo

Gadgetren – Terhitung sejak tanggal 12 November 2020, LINE Corporation menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna aplikasinya di iPad untuk melakukan login tanpa perlu menggunakan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik di perangkat.

LINE mengungkapkan bahwa fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan pemakaian password, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tidak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE.

Perusahaan pesan instan ini bergabung dengan FIDO Alliance sebagai board member pada tahun 2017 silam. Pada 2019, LINE mengimplementasikan autentikasi FIDO2 pada layanan LINE Pay. Kini pengguna LINE pun sudah dapat menggunakan autentikasi biometrik FIDO2 untuk login ke dalam aplikasi LINE di iPad.

Dengan kata lain, LINE berusaha untuk memprioritaskan perlindungan informasi pribadi pengguna dan berkomitmen untuk terus mengedepankan pengalaman login sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan kenyamanan serta pengalaman pengguna.

Supaya pengguna bisa menggunakan autentikasi biometrik untuk aplikasi LINE di iPad, maka pengguna harus mendaftarkan informasi biometrik terlebih dahulu di handphone mereka dan menghubungkannya ke akun LINE.

Selanjutnya, pengguna bisa membuka aplikasi LINE di iPad miliknya, memverifikasi nomor telepon, dan mengetuk “Log in with smartphone” agar bisa memasangkan iPad dengan handphone.

LINE tanpa password

Kemudian, pengguna hanya perlu mengikuti instruksi di handphone mereka hingga proses pemasangan selesai. Pada saat pertama kali masuk ke dalam aplikasi LINE, pengguna akan diminta untuk memverifikasi identitas dengan menggunakan 6 digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar handphone.

Setelah selesai, maka pengguna bisa masuk ke aplikasi LINE melalui iPad dengan menggunakan sensor biometrik seperti Face ID. Bisa dibilang hal ini cukup praktis ketika tangan kamu sedang kotor sehingga tidak perlu menyentuh layar dan bisa langsung menghadapkan wajah saja ke bagian depan iPad untuk membuka kunci aplikasi.

Sebagai catatan, aplikasi LINE yang terinstal pada iPad sudah harus mencapai versi 10.18.0 agar bisa menggunakan fitur autentikasi biometrik ini. Mulai tahun 2020, pengguna juga suda bisa melakukan login ke LINE versi desktop tanpa password dengan menggunakan informasi biometrik yang tersimpan di dalam handphone mereka.

Autentikasi biometrik juga dapat digunakan untuk memindahkan akun LINE dan masuk ke dalam berbagai layanan LINE mulai tahun 2021 sehingga dapat memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman diimbangi dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Tinggalkan Komentar