Tips dan Trik

Cara Menambahkan Bot Musik di Saluran Discord Agar Komunitas Lebih Menyenangkan

Cara Menambahkan Bot Musik di Discord - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Menambahkan bot musik ke dalam saluran Discord memang bisa menciptakan iklim yang menyenangkan bagi komunitas. Hanya saja, apakah hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah oleh para pemula?

Discord memiliki dukungan yang cukup baik di dalam sistem bot. Oleh karena itu, banyak layanan yang ikut bergabung untuk mengembangkannya meskipun secara khusus memiliki tujuan berbeda-beda.

Kamu pun bisa memilih bot yang sesuai untuk mengelola musik di dalam saluran Discord. Ada banyak versi yang bisa dipertimbangkan dalam hal ini, tapi untungnya beberapa di antaranya cukup mudah untuk digunakan.

Rythm adalah salah satunya. Bot yang memiliki dukungan ke cukup banyak layanan musik ini pun menawarkan proses implementasi sederhana sehingga pemula pun bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Pengguna bahkan hanya perlu mengunjungi halaman rythmbot.co untuk menambahkannya ke dalam saluran Discord. Supaya lebih jelas, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini!

Cara Menambahkan Bot Musik Rythm ke Dalam Saluran Discord

Sebelum masuk ke pembahasan cara menambahkan bot musik ke dalam saluran Discord, perlu diketahui bahwa kamu memerlukan akun khusus yang bertindak sebagai Administrator atau memiliki izin untuk mengelola server supaya bisa melakukannya.

Selain itu, kamu pun selanjutnya perlu masuk terlebih dahulu ke dalam layanan Discord dengan menggunakan akun tersebut melalui halaman https://discord.com/login pada peramban.

Setelahnya kamu dapat membuka halaman https://rythmbot.co/ dengan menggunakan peramban, kemudian menekan tombol + Add to Discord atau secara langsung mengunjungi tautan khusus https://rythmbot.co/invite.

Cara Menambahkan Bot Musik di Discord - Add

Apabila halaman Connect to Discord sudah terbuka, ubah kolom di bawah Add a Bot to a Server sesuai saluran yang akan ditambah dengan bot musik dari Rythm lalu akhiri dengan menekan opsi Authorize.

Terakhir, jangan lupa untuk menyelesaikan Captcha sesuai dengan tugas yang diminta untuk memastikan bahwa tindakan benar-benar berasal dari manusia bukan sistem komputer.

Setelah berhasil menambahkan bot musik Rythm ke dalam Discord, kamu selanjutnya dapat membuka saluran Discord terkait kemudian masuk ke halaman General di bagian Voice Channel lalu mengetuk tombol Connect to Voice.

Kamu dapat menutup halaman tersebut, kemudian mengelola musik dengan mengetikkan berbagai macam perintah khusus pada saluran milikmu itu. Kamu dalam hal ini dapat mengetikkan perintah !play diikuti dengan judul atau url untuk memutar sebuah lagu. Contohnya untuk lagu “Indonesia Raya”, kamu hanya perlu mengetik !play Indonesia Raya.

Kamu juga dapat mencari lagu dengan mengetik perintah !search diikuti judul lagu. Misalnya untuk mencari lagu “Indonesia Pusaka”, kamu bisa mengetik !search Indonesia Pusaka.

Yang cukup menarik, kamu bisa juga menambahkan lirik, membuat loop, hingga menghapus daftar lagu pada bit musik Rythm dengan menggunakan berbagai macam perintah berikut ini:

Daftar Perintah Bot Musik Rythm Untuk Saluran Discord

PerintahKegunaan
!playMemutar Lagu
!lyricsMembuka lirik lagu
!pauseMenjeda lagu
!resumeMemutar kembali lagu yang dijeda
!settingsMembuka pengaturan Rythm
!moveMemindahkan urutan lagu ke posisi awal daftar putar
!forwardMempercepat lagu ke bagian tertentu
!skiptoMelompat ke urutan tertentu dalam daftar putar
!clearMenghapus semua lagu dalam daftar putar
!replayMengulang sebuah lagu
!cleanMenghapus semua teks perintah yang pernah digunakan
!removedupesMenghapus lagu-lagu yang sama
!volumeMengecek dan mengatur tingkat volume suara
!rewindMemundurkan lagu ke bagian tertentu
!playtopMemutar lagu dari daftar putar pertama
!playskipMenambahkan lagu ke urutan awal dan memutarnya
!shuffleMemutar daftar lagu secara acak
!queueMelihat daftar putar
!skipMelewati lagu
!seekMencari bagian tertentu dari lagu yang diputar
!soundcloudMencari lagu di SoundCloud
!removeMenghapus lagu dari daftar putar
!loopqueueMemutar secara terus menerus daftar lagu
!searchMencari lagu di YouTube
!leavecleanupMenghapus lagu milik pengguna yang absen dari daftar putar
!disconnectMemutus bot dari Voice Channel
!joinMenyambung kembali bot ke Voice Channel
!npMelihat lagu yang sedang diputar
!aliasesMembuka daftar perintah
!pingMengecek respons bot
!statsMembuka status bot
!loopMemutar secara terus menerus sebuah lagu

Rythm sendiri merupakan sebuah bot musik berkinerja tinggi dengan dukungan fitur yang kaya dan dirancang secara khusus untuk menyajikan musik berkualitas ke dalam saluran Discord.

Bot khusus musik ini memiliki sebuah kelebihan di mana mendukung banyak saluran musik dari mulai YouTube, SoundCloud, hingga Twitch dengan tingkat kestabilan tinggi.

Pengembangnya pun menjanjikan untuk terus senantiasa meningkatkan dukungan dan fitur yang ada di bot ini untuk memenuhi kebutuhan para pengguna dengan kualitas lebih baik.

Meskipun demikian, Rythm bukan satu-satunya bot musik yang bisa kamu gunakan. Ada beberapa bot lain yang juga bisa dipertimbangkan untuk menambah pengelola musik ke dalam Discord.

Tinggalkan Komentar