Aplikasi Tips dan Trik

Cara Membuat Tulisan Baca Selengkapnya Atau Read More di WhatsApp Agar Lebih Pendek

Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Membuat pesan teks dengan opsi “Baca selengkapnya” atau “Read more” saat melakukan percakapan di layanan WhatsApp memang sebuah hal yang menarik karena bisa membuat penasaran.

Untuk membuatnya, kita sebenarnya hanya perlu mengirim tulisan dengan jumlah karakter melebihi batas yang ditetapkan oleh WhatsApp yang mana setidaknya butuh lebih dari 700 karakter (berbeda-beda tergantung format dan apa yang dipakai) untuk melakukan hal tersebut.

Yang cukup menarik, kita pun dapat menggunakan karakter yang tak tampak untuk mengakali limitasi ini sehingga nanti sebagian teks tetap akan disembunyikan dengan opsi “Baca selengkapnya” meski pesan terlihat cukup pendek.

Zero-Width Space (ZWSP) yang umumnya dipakai untuk membuat teks tanpa spasi seperti pada penulisan huruf Jepang termasuk salah satunya. Hanya saja memang untuk mengimplementasikannya sendiri ke dalam pesan WhatsApp, kita perlu kemampuan pemrograman.

Layanan menyembunyikan sebagian teks dengan menu “Baca selengkapnya” di pesan WhatsApp menggunakan Zero-Width Space untungnya mulai tersedia di berbagai macam situs. Adapun salah satu di antaranya melalui WhatsApp Spoilers milik Jiayu Yi.

Melalui situs ini, kita bisa menggunakan opsi “Baca selengkapnya“ pada pesan yang cukup singkat. Kita bahkan dapat menerapkannya untuk dua atau tiga kata saja tanpa perlu menulis artikel dengan sejumlah paragraf di dalamnya.

Menyembunyikan sebagian teks pesan WhatsApp dengan opsi “Baca selengkapnya” pun dapat lebih mudah berkat adanya situs ini. Kita dapat memakainya meskipun tidak mempunyai kemampuan pemrograman sama sekali.

Cara Menyembunyikan Teks dengan Baca Selengkapnya di WhatsApp

  1. Buka halaman https://yi-jiayu.github.io/whatsapp-spoilers/
  2. Masukkan teks yang ingin ditampilkan ke kolom Warning menggantikan [SPOILER]
    Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - 1
  3. Pilih pemisah yang ingin digunakan pada bagian Separator
  4. Centang opsi iOS compatibility mode jika diperlukan
  5. Ketik teks yang ingin disembunyikan pada kolom Content
    Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - 2
  6. Klik tombol Submit setelah selesai
  7. Pratinjau pesan akan muncul di kolom Message (copy this)
  8. Tekan tombol Copy to clipboard untuk menyalin format teks
    Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - 3
  9. Masuk ke aplikasi WhatsApp dan buka percakapan yang diharapkan
  10. Paste teks yang berhasil disalin sebelumnya ke kolom pesan
    Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - 4
  11. Tekan tombol Send
    Cara Buat Baca Selengkapnya WhatsApp - 5

Meskipun terlihat sangat singkat, isi pesan yang disalin dari halaman WhatsApp Spoilers sebenarnya berisi lebih banyak karakter. Klaim pembuatnya bahkan menyebutkan setidaknya terdapat 4.000 Zero-Width Space yang digunakan.

Membuat pesan dengan opsi “Baca selengkapnya” di layanan WhatsApp tentu dapat menciptakan ekosistem komunikasi yang lebih baik. Selain dapat dipakai untuk membatasi Spoilers, hal tersebut pun dapat digunakan untuk seru-seruan dan membuat ruang percakapan lebih rapi.

Tinggalkan Komentar

4 Komentar