Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F41 – Lini Baru Untuk Anak Muda!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F41 Header

Gadgetren – Samsung Galaxy F41 tampaknya akan menjadi alternatif lain yang semakin pas bagi para pengguna handphone kelas menengah meskipun mereka sebelumnya dapat mempertimbangkan lini Galaxy M maupun A.

Handphone baru dari Samsung ini pasalnya memiliki harga yang sangat terjangkau dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang tak boleh dilewatkan oleh kaum “mendang-mending”.

Saat memperkenalkannya di India kemarin, Samsung membanderol Galaxy F41 dengan harga 16.999 Rupee (sekitar Rp 3,3 juta) untuk varian rendah dan 17.999 Rupee (Rp 3,6 juta) untuk yang lebih tinggi.

Dengan harga tersebut, pengguna pun sudah bisa mengoleksi handphone dengan dukungan dan fitur cukup komplit meskipun memiliki sedikit faktor yang bagi sebagian orang mungkin bisa cukup mengganggu.

Apakah handphone ini cukup layak untuk dinantikan oleh para pengguna di Indonesia? Berikut informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy F41 supaya kamu bisa menyimpulkannya sendiri.

Kelebihan Samsung Galaxy F41

Dengan membawa desain menyerupai beberapa handphone di lini Galaxy M sebelumnya, Galaxy F41 pun sudah membawa layar Infinity-U dengan panel Super AMOLED yang menjadi andalan Samsung.

Layarnya terhitung cukup luas dan jelas karena sudah memiliki ukuran 6,4 inci yang didukung dengan resolusi Full HD+, tingkat kecerahan hingga 420 nits, serta sertifikasi DRM L1 Widevine untuk siaran berkualitas HD.

Kelebihan Samsung Galaxy F41 Kinerja

Berpindah ke sektor kinerja, Galaxy F41 pun sudah ditrnagai oleh chip menengah Samsung Exynos 9611 yang berdasarkan uji coba pemakaian kami pada Galaxy A51 sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Apalagi sebagai penunjang, Samsung juga menyematkan RAM berkapasitas sebesar 6 GB yang dapat memberikan kemampuan multitasking tinggi serta sistem OneUI 2 (berbasis Android 10) yang terkenal ramah penggunaan.

Galaxy F41 juga membawa baterai berkapasitas jumbo sebagai kelebihan utama. Handphone ini secara teknis bisa menampung hingga 6.000mAh dan diklaim bisa bertahan sampai 26 jam jika hanya digunakan untuk menonton video.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F41 Kamera

Sektor fotografi Galaxy F41 juga tak boleh dilewatkan oleh para pengguna yang sedang mencari handphone baru untuk sesekali perlu mengabadikan momen terbaiknya. Samsung telah membekali perangkat ini dengan kamera depan beresolusi 32 MP serta kamera belakang berkonfigurasi 64 MP untuk lensa utama, 8 MP sudut lebar, dan 5 MP live focus.

Dengan konfigurasi tersebut dan ditambah optimasi melalui aplikasi kamera Galaxy F41, pengguna tentu dapat mengambil foto maupun video dengan berbagai macam mode sesuai kondisi hingga kebutuhannya.

Kekurangan Samsung Galaxy F41

Salah satu yang menjadi catatan saya terkait Galaxy F41 ini adalah dukungan teknologi pengisian cepat 15W yang mana secara teknis kurang bisa diandalkan untuk mengisi baterai jumbo yang ada di dalam handphone ini.

Kekurangan Samsung Galaxy F41 Charging

Bahkan berdasarkan klaim Samsung sendiri di halaman produknya, Galaxy F41 membutuhkan waktu kurang lebih 160 menit (2,5 jam lebih) untuk mengisi baterai dari nol hingga seratus persen.

Selain itu, saya sendiri pun cukup menyayangkan bahwa Samsung tidak menyematkan dukungan NFC ke dalam handphone ini. Padahal di rentang harga Rp 3 jutaan, banyak perangkat yang sudah menawarkan hal tersebut.

Tinggalkan Komentar