Smartphone

vivo V20 Vs Redmi Note 9 Pro – Mana yang Paling Menarik?

vivo V20 Vs Redmi Note 9 Pro Header

Gadgetren – Pada akhir bulan September 2020, vivo sebagai perusahaan elektronik asal Tiongkok secara resmi telah meluncurkan handphone kelas menengah terbarunya yang bernama vivo V20 di Indonesia.

Handphone yang satu ini hadir dengan membawa chipset Qualcomm kelas menengah yang sama dengan Redmi Note 9 Pro. Untuk itulah, sebagian penggemarnya merasa penasaran mengenai perbandingan antara kedua perangkat tersebut.

Untuk dapur pacunya, kedua handphone ini sama-sama dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa-Core berkecepatan 2,3 GHz yang dapat menjalankan aplikasi atau game dengan lancar. Redmi Note 9 Pro hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 6 GB + ROM 64 GB seharga Rp 3.399.000 dan RAM 8 GB + ROM 128 GB seharga Rp 3.799.000.

vivo V20

Sementara vivo V20 hanya mempunyai satu varian berupa RAM 8 GB dan ROM 128 GB seharga Rp 4.999.000. Kedua handphone ini juga sama-sama dibekali dengan slot microSD sehingga memudahkan pengguna dalam menambahkan kapasitas penyimpanan.

Redmi Note 9 Pro dibekali baterai 5.020mAh dengan fitur 30W Fast Charging sementara vivo V20 dilengkapi baterai 4.000mAh dengan fitur 33W FlashCharging 2.0. Meskipun Redmi Note 9 Pro mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar, namun vivo V20 hadir dengan kemampuan pengisian daya baterai yang lebih cepat.

Keduanya sama-sama dibekali dengan sensor NFC yang dapat digunakan untuk transfer data, pembayaran digital, dan pengecekan atau pengisian e-money. Namun vivo V20 mempunyai fitur NFC yang lebih canggih karena mampu menduplikasi kartu akses.

RedmiNote9Pro-Back

Dari sektor fotografi, Redmi Note 9 Pro hadir dengan empat kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, makro 5 MP, dan depth 2 MP. Sementara vivo V20 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, multimode 8 MP, dan mono 2 MP.

Meskipun hanya menggunakan tiga kamera belakang, namun kamera multimode 8 MP yang hadir pada vivo V20 mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari mode super wide-angle, super makro, dan depth. Menurut saya, vivo sudah memikirkan bagaimana kamera handphone ini dapat menghasilkan foto makro dengan resolusi yang besar.

Apabila kamera depan vivo V20 mempunyai resolusi 44 MP, maka kamera depan Redmi Note 9 Pro hanya memiliki 16 MP. Bahkan handphone buatan vivo ini memiliki kemampuan  Eye Autofocus yang dapat menentukan fokus obyek manusia dengan cepat.

Sedikit berbeda, vivo V20 dilengkapi layar 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), teknologi AMOLED, dan HDR10. Sementara Redmi Note 9 Pro dibekali layar 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan teknologi IPS LCD.

Apabila vivo V20 menggunakan desain layar penuh berponi, berbeda dengan Redmi Note 9 Pro yang memakai desain layar penuh ditambah punch hole. Kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan fitur Face Unlock.

RedmiNote9Pro-Video

Berkat penggunaan teknologi AMOLED, vivo V20 hadir dengan sensor fingerprint di dalam layar. Sementara Redmi Note 9 Pro masih menggunakan sensor fingerprint yang disematkan pada bagian pinggir.

Dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir pada kedua handphone ini. Namun vivo V20 sudah menggunakan sistem operasi Android 11 yang setingkat lebih baru dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro yang masih menggunakan Android 10.

Kedua handphone ini hampir memiliki performa yang setara dan kamera utamanya yang seimbang. Namun apabila dilihat dari kecanggihan fitur yang ditawarkan, vivo V20 yang paling unggul di segmen ini. Sementara itu, Redmi Note 9 Pro menang dalam hal harga yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Komentar