ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme C15 Vs Redmi Note 9 – Sama-Sama Bawa MediaTek, Apa Saja Perbedaan Keduanya?

perbandingan realme C15 Vs Redmi Note 9 header

Gadgetren – Saat ini banyak sekali handphone dengan harga terjangkau yang menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia karena punya spesifikasi yang menarik.

Konsumen juga memiliki banyak pilihan merek di pasaran, termasuk di antaranya adalah realme dan Xiaomi. Kedua merek tersebut memang secara khusus dikenal sebagai produsen handphone harga terjangkau yang memiliki performa andal.

Salah satunya realme C15 yang menjadi andalan realme di segmen entry level. Di sisi lain, Xiaomi mempunyai Redmi Note 9 yang menyasar segmen sama. Hal yang menarik karena keduanya juga sama-sama menggunakan prosesor dari MediaTek.

Lalu, kalau membandingkan realme C15 vs Redmi Note 9, apa yang menjadi perbedaan keduanya? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi berikut.

Layar dan Sistem Operasi

Kalau membandingkan layar realme C15 vs Redmi Note 9, kamu akan menjumpai perbedaan yang cukup kontras. Saat realme C15 punya layar IPS LCD sebesar 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1560 piksel, berbeda dengan Redmi Note 9 yang punya layar 6,53 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel.

Selanjutnya, kedua handphone ini sama-sama menggunakan sistem operasi Android 10. Meski begitu, kamu akan memperoleh desain tampilan yang berbeda dari keduanya. Hal ini karena realme C15 menggunakan realme UI 1.0, sedangkan Redmi Note 9 dilengkapi dengan MIUI 11.

Spesifikasi dan Performa

Perbedaan antara realme C15 vs Redmi Note 9 berikutnya bisa dilihat dari jenis chipset. Meski sama-sama memakai MediaTek, tetapi tipe proses yang dipakai keduanya berbeda. Di satu sisi realme C15 menggunakan Helio G35, sementara Redmi Note 9 dilengkapi dengan dapur pacu berupa Helio G85.

Helio G35 dan G85 memang sama-sama memiliki Octa-Core, namun punya struktur yang berbeda. Helio G35 memiliki masing-masing 4 core Cortex A53 berkecepatan 2,3 GHz dan 4 core Cortex A53 1,8 GHz. Sementara itu, Helio G85 terdiri dari 2 core Cortex A75 2,0 GHz dan 6 core Cortex A55 1,8GHz.

Kamera

Aspek yang berbeda dari realme C15 vs Redmi Note 9 selanjutnya adalah terkait kamera. Di bagian belakang, keduanya sama-sama memakai Quad Camera. Meski begitu, tipe masing-masing kameranya berbeda.

Quad camera realme C15 terdiri dari kamera utama PDAF 13 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera B/W 2 MP, dan kamera 2 MP. Sementara itu, Redmi Note 9 memiliki kamera utama 48 MP PDAF, kamera 8 MP ultrawide, kamera makro 2 MP, serta kamera kedalaman 2 MP.

Berganti ke bagian depan, kamu juga bisa menjumpai perbedaan yang cukup kontras dimana realme C15 hadir dengan kamera wide 8 MP yang dilengkapi fitur HDR dan panorama sedangkan Redmi Note 9 punya kamera selfie 13 MP yang punya fitur panorama ataupun HDR.

Baterai

Dari segi baterai, terdapat perbedaan antar keduanya. Saat realme C15 hadir dengan memakai baterai non-removable Li-Po berkapasitas 6.000mAh, Redmi Note 9 justru punya baterai non-removable dengan kapasitas lebih kecil, yakni 5.020mAh. Namun keduanya sama-sama telah didukung teknologi fast charging.

Harga

Harga tentunya menjadi faktor penting. Membawa dua varian, realme C15 hadir dalam pilihan 3 GB/ 64 GB seharga Rp 1,9 jutaan dan 4 GB/ 64 GB seharga Rp 2,4 jutaan. Sementara itu, Redmi Note 9 punya varian 4 GB/ 64 GB dan 6 GB/128 GB yang masing-masing dijual seharga Rp 2,1 jutaan dan Rp 2,5 jutaan.

Dengan memperhatikan penjabaran tersebut, terlihat jelas kalau Redmi Note 9 dan realme C15 punya spesifikasi yang cukup berbeda dengan harga yang sesuai mendampinginya.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar