Aplikasi Berita

Ajak UMKM Digitalisasikan Bisnisnya, Daftar Gobiz Kini Bisa Secara Mandiri

Ajak-UMKM-Digitalisasikan-Bisnisnya-Daftar-Gobiz-Kini-Bisa-Secara-Mandiri-Header

Gadgetren – Super App dari Gojek bernama Gobiz yang hadir sejak tahun 2018 menyelenggarakan peluncuran fitur barunya yang disebut pendaftaraan mandiri.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Gobiz, aplikasi ini diyakini Gojek dapat membantu dan menjawab semua kebutuhan usaha kamu dari yang baru memulai hingga sudah berjalan.

Gobiz menawarkan beberapa kemudahan untuk memulai usaha seperti memudahkan pencatatan pesanan, menyediakan berbagai tipe pembayaran, hingga mendatangkan pelanggan. Lewat aplikasi GoBiz, pemilik usaha dapat lebih terfokus untuk kembangkan usahanya.

Novi Tandjung selaku Head of Merchant Platform Business Gojek mengatakan bahwa bila dahulu pelaku usaha harus mendaftarkan bisnisnya lewat email atau telepon, kini Gobiz menghadirkan fitur pendaftaran mandiri untuk pelaku usaha agar bisa langsung jualan.

Ia menambahkan bahwa pelaku usaha bisa langsung mengunjungi situs GoBiz atau mengunduh aplikasi Gobiz di Google Play Store untuk handphone Android.

“Secara ringkas pelaku usaha bisa melakukan Registrasi, Verifikasi, dan Aktivasi. Proses registrasi sehari jika data yang diminta tepat, kecuali ada foto yang kurang jelas atau upload KTP terbalik maka verifikasi 2 hari kerja paling lama, ” ujarnya

Saat ingin mendaftarkan usaha di Gobiz, Novi mengingatkan bahwa pelaku usaha harus menyiapkan data-data usahanya secara lengkap agar tidak memakan waktu yang lama dalam proses verifikasi hingga maksimal 16 hari.

Setelah pelaku usaha berhasil diverifikasi datanya, maka kemudian harus memilih produk yang akan dijual misalnya GoFood. Untuk proses pemilihan produk ini, Gobiz memastikan akan memakan waktu maksimal selama 10 hari.

Lantaran hal ini biasanya sering ditemukan beberapa pendaftar yang membutuhkan waktu untuk memikirkan hal operasional seperti foto makanan, harga menu, deskripsi menu, hingga pengecekan langsung soal keaslian keberadaan toko yang didaftarkan dan pemilik toko. Alur proses ini bisa pelaku usaha update informasinya lewat aplikasi Gobiz hingga pendaftaran selesai.

Gobiz-Pantau-Performa-Promo

Hingga kini sudah sebanyak 500 ribu lebih UMKM telah bergabung di platform Gojek. Bahkan menariknya, Novi mengungkapkan bahwa beberapa bulan terakhir dari Maret-Agustus telah terjadi lonjakan peminat pelaku usaha yang ingin bergabung.

Bagi kamu yang baru buka usaha pun tak perlu khawatir karena di dalam Gobiz bakal dibantu untuk mengembangkan usahanya atau mendorong efisiensi operasional hingga melakukan permohonan modal yang bekerjasama dengan lembaga penyedia usaha seperti BI dan OJK.

Sementara untuk fitur pembayaran non-tunai yang sudah ada di Gobiz saat ini telah tersedia meliputi GoPay, QRIS, GPN Debit, Visa, dan Master Card. Lalu untuk membantu pengembangan usaha Gobiz juga telah memberikan Merchant Promo Platform, GoModal, GoFood, dan dukungan efisiensi operasional melalui fitur Pos, Pelaporan, dan GoFresh.

Ke depannya Gojek sendiri akan terus mengajak pelaku usaha dari pemula hingga atas untuk bergabung dan mengikuti aspirasi dari pemerintah yang menargetkan 10 juta UMKM di akhir tahun 2020 bisa terdigitalisasi menjadi pengusaha di Gojek.

Tinggalkan Komentar