ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Tampil Beda, Inilah Keunggulan dari NFC Multifunctions vivo X50 Series

Tampil-Beda-Inilah-Keunggulan-dari-NFC-Multifunctions-vivo-X50-Series-Header.

Gadgetren – Selain mengusung tema fotografi professional, vivo X50 Series juga menghadirkan inovasi terbaru bernama NFC Multifunctions.

Fitur ini diklaim oleh vivo lebih dari sekadar teknologi NFC biasa. NFC Multifunctions pada vivo X50 Series merupakan pengembangan dari teknologi standar NFC yang sebelumnya hanya dapat membaca kartu saja.

Dilengkapi chip multifungsi yang terintegrasi, NFC Multifunctions dapat berfungsi untuk membaca, mengelola, dan menyimpan fungsi dari berbagai jenis kartu yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transfer data, aplikasi, dan dokumen menjadi lebih cepat, mempermudah isi ulang uang elektronik, serta dapat dijadikan sebagai kartu akses selama enkripsi kartu mengizinkan.

Hadie Mandala selaku Product Manager vivo Indonesia mengungkapkan bahwa mengadopsi fungsi teknologi NFC yang sudah dikenal masyarakat, vivo mengembangkan teknologi NFC ke tingkat selanjutnya.

“Melalui pengembangan ini kami harap dapat mendukung konsumen beraktivitas menjadi lebih praktis dengan smartphone,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Menariknya, teknologi NFC pada vivo X50 Series sudah memiliki sertifikasi khusus untuk melakukan pengunduhan data melalui TSM (Trusted Service Manager) sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.

Pasalnya teknologi tersebut hanya dapat aktif dalam jarak dekat serta durasi pengiriman yang cepat, gelombang elektromagnetik dari NFC juga tak akan terganggu oleh gelombang lain sehingga data-data tidak mudah bocor dan tetap aman.

NFC-Multifunctions-vivo-X50-Series-Access-Card

NFC sendiri dibuat dari teknologi Radio-Frequency Identification (RFID), yakni sistem identifikasi microchip yang kemudian dikembangkan vivo menjadi fitur NFC Multifunctions pada vivo X50 Series.

Jika dibandingkan dengan teknologi Bluetooth, NFC Multifunctions tidak perlu dipasangkan secara manual. NFC dapat diaktifkan secara otomatis selama kedua perangkat saling berdekatan hingga jarak 4 cm sehingga mempercepat dalam proses pertukaran data.

NFC Multifunctions di vivo X50 Series memiliki berbagai kemampuan di antaranya bertukar data dan informasi lebih cepat seperti bertukar nomor kontak tanpa harus mengetik nomor tersebut atau mengirimkannya melalui aplikasi pesan singkat.

NFC-Multifunctions-mengirim-petunjuk-arah.j

Selanjutnya NFC Multifunctions dapat difungsikan sebagai sistem identifikasi alternatif untuk penyimpanan kunci yang aman, dengan catatan enkripsi kartu akses mengizinkan dengan cara membuka NFC Multifunctions, pilih ‘Access Card’, registrasi atau login ke akun vivo.

Teknologi NFC juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim petunjuk arah dengan cara membuka lokasi yang diinginkan dengan aplikasi Google Maps, lalu dekatkan kedua smartphone, dan petunjuk arah pun akan diterima oleh smartphone lainnya.

Tak lupa, NFC Multifunctions juga dapat dikombinasikan dengan beberapa aplikasi yang mendukung isi ulang uang elektronik menjadi lebih mudah dan cepat. Saat ingin digunakan, pengguna cukup menempelkan kartu pada vivo X50 Series kemudian secara otomatis akan muncul pilihan aplikasi yang mendukung pengguna untuk top up uang elektronik.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar