Tips dan Trik

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop Untuk Melakukan Telekonferensi

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop Header

Gadgetren – Pandemi COVID-19 membuat sebagian masyarakat Indonesia harus melakukan berbagai kegiatan, seperti sekolah dan bekerja dari rumah.

Hal ini membuat aplikasi video conference mulai digunakan banyak orang untuk bertatap muka, belajar, silaturahmi, maupun mengadakan sebuah rapat melalui internet tanpa harus bertemu langsung secara fisik.

Google Meet menjadi salah satu aplikasi layanan video conference buatan Google yang dipilih untuk melakukan aktivitas tersebut karena terpecaya dan mudah untuk digunakan. Kamu sendiri dapat mengakses Google Meet melalui aplikasi mobile untuk smartphone dan website untuk PC atau laptop.

Nah bagi kamu yang belum tahun bagaimana cara menggunakan Google Meet di laptop, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

  1. Pertama, buka browser (Firefox, Chrome, Safari, Microsoft Edge, dan lainnya) di laptop
  2. Pada halaman depan Browser, ketikkan https://meet.google.com/ di Address Bar
  3. Selanjutnya, buat Room baru untuk video conference dengan memilih tombol New meetingGoogle Meet New Meeting
  4. Pada menu yang muncul, pilih Get a meeting link to Share
    Google Meet Link
  5. Setelah memilihnya, maka kamu akan dihadapkan pada link yang siap dibagikan kepada orang lain
    Google Meet Get Link
  6. Ajak orang lain untuk ikut gabung ke telekonferensi menggunakan link tersebut
  7. Kamu bisa langsung membagikannya melalui aplikasi pesan instan maupun media sosial
  8. Nantinya kamu akan diminta mengaktifkan webcam dan speaker atau mikrofon saat akan masuk
  9. Setelah webcam dan speaker aktif, maka tekan tombol Join Now
    Google Meet Join
  10. Kemudian, kamu akan masuk ke halaman video conference Google Meet
  11. Selamat, kamu sudah bisa langsung bertatap muka maupun rapat dengan orang lain
    Google Meet Conference

Pada halaman video conference, kamu bisa menonaktifkan atau menyalakan mikrofon dan webcam ikon yang tersedia di samping tutup panggilan. Selain itu, kamu juga dapat mempresentasikan slide, website, foto, video, dokumen, dan lainnya dengan menekan tombol Present Now pada Google Meet.

Kamu juga dapat melakukan pengaturan kualitas resolusi dari webcam pada menu Settings di Google Meet. Apabila kamu ingin menutup video conference, maka hanya tinggal menekan tombol berlambang telepon berwarna merah.

Selain Get a meeting link to Share, tombol New Meeting juga memiliki pilihan menu lainnya seperti Start an instant meeting dan Schedule in Google Calendar.

Start an instant meeting memungkinkan kamu langsung masuk ke halaman video conference dari Google Meet dan hanya tinggal memberikan link yang terlihat di Adress Bar browser kepada orang lain untuk mengikuti konferensi.

Sementara Schedule in Google Calendar mengizinkan kamu membuat konferensi atau rapat yang dijadwal dengan menyimpan link di Google Calendar. Kamu dapat mengajak atau mendaftarkan orang lain untuk mengikuti konferensi di Google Meet ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Bagi kamu yang menggunakan smartphone, sangat dianjutkan untuk menggunakan aplikasi agar lebih memudahkan konferensi dengan menggunakan Google Meet. Apabila kamu mendapatkan link konferensi dari orang lain, maka biasanya akan diarahkan ke aplikasi Google Meet yang telah terpasang di smartphone.

Tinggalkan Komentar