ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme C15 Vs realme 5i – Apa Saja Peningkatannya?

perbandingan realme C15 Vs realme 5i header

Gadgetren – Pada tanggal 28 Juli 2020 silam, realme secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama realme C15 di Indonesia.

Banyak orang yang menyangka bahwa perangkat terbaru ini merupakan penerus dari realme C3, namun nyatanya realme mengatakan bahwa realme C15 merupakan suksesor dari realme 5i.

Tentunya banyak orang yang merasa penasaran, sebenarnya peningkatan apa yang terjadi dari realme C15 dibandingkan realme 5i. Untuk itulah saya akan menyajikan apa saja perbandingan maupun persamaan antara kedua smartphone tersebut.

Ringkasan-Spek-realme-C15

Dari bagian depan, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan layar dengan resolusi HD+, teknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass. Bahkan keduanya sama-sama menggunakan layar dengan desain penuh yang mempunyai poni berbentuk waterdrop.

Sementara itu, realme C15 dan realme 5i sama-sama mempunyai kamera depan beresolusi 8 MP yang disematkan pada poni. Fitur Face Unlock pun juga telah dihadirkan pada kedua perangkat ini yang memudahkan penggunanya dalam membuka kunci layar menggunakan wajah.

Sensor fingerprint dari kedua produk ini sama-sama disematkan pada bagian belakang. Meskipun realme C15 dan realme 5i menggunakan empat kamera belakang, namun persamaannya hanya pada kamera ultrawide 8 MP saja.

Review realme 5i Kamera

Untuk sisanya realme C15 menghadirkan kamera utama 13 MP, monokrom 2 MP, dan retro 2 MP. Sementara realme 5i memiliki kamera utama 12 MP, makro 2 MP, dan sekunder 2 MP. Terlihat realme C15 sedikit lebih unggul dalam resolusi kamera utama dibandingkan realme 5i.

Peningkatan yang paling terlihat terletak pada baterainya dimana kapasitas 6.000mAh yang digunakan oleh realme C15 lebih besar dibandingkan 5.000mAh milik realme 5i. Selain itu, realme C15 juga membawa fitur 18W Fast Charging yang lebih cepat dibandingkan dengan realme 5i yang menggunakan 10W Charging.

Sayangnya justru terjadi penurunan penggunaan chipset, dimana realme C15 menggunakan Helio G35 Octa-Core dan realme 5i menggunakan Snapdragon 665 Octa-Core. Sementara itu, realme C15 hadir dengan tiga varian yang terdiri dari RAM 3 GB + ROM 64 seharga Rp 2 juta, RAM 4 GB + ROM 64 GB seharga Rp 2,2 juta, dan RAM 4 GB + ROM 128 GB seharga Rp 2,5 juta.

Review realme 5i Desain

Sedangkan realme 5i mempunyai tiga varian juga yang terdiri dari RAM 3 GB + ROM 32 GB seharga Rp 1,8 juta, RAM 4 GB + ROM 64 GB seharga Rp 2,1 juta, dan RAM 4 GB + ROM 128 GB seharga Rp 2,3 juta. Terlihat bahwa realme C15 mempunyai harga yang sedikit lebih mahal.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, skor performa yang dihadirkan pada realme 5i mencapai 172.940 poin sedangkan realme C15 hanya mendapatkan skor 111.464 poin. Dalam hal ini, realme 5i justru mempunyai performa yang lebih bertenaga.

Dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, kedua smartphone ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat realme C15 unggul dalam kapasitas baterai yang besar dengan fitur dan konfigurasi lebih baru, realme 5i justru mempunyai performa yang lebih cepat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar