ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Lewat Aplikasi Qlue, Masyarakat Bisa Bantu Polres Metro Jaksel Berantas Narkoba

Lewat-Aplikasi-QlueApp-Masyarakat-Bisa-Bantu-Polres-Metro-Jaksel-Berantas-Narkoba-Header.

Gadgetren – Qlue sebagai perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia, berkolaborasi dengan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah Jakarta Selatan.

Rama Raditya selaku Founder dan CEO Qlue mengatakan bahwa Qlue tidak hanya berfungsi sebagai kanal pelaporan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk analisis data mengenai sebaran penyalahgunaan narkoba di daerah Jakarta Selatan.

“Polda Metro Jakarta Selatan bisa menganalisis daerah mana saja yang memiliki angka penyalahgunaan narkoba yang tinggi melalui data yang masuk melalui QlueApp,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Dari data tersebut, kepolisian juga bisa membuat rencana jangka pendek atau jangka panjang berbasis data, misalnya alokasi petugas di lapangan atau petugas yang melakukan patroli.

Sementara itu, Kompol Vivick Tjangkung selaku Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan mengungkapkan bahwa Qlue merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian dalam menegakkan UU No.25 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Qlue sudah memangkas birokrasi dan waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan pelaporan dugaan penyalahgunaan narkoba. Jika dulu masyarakat harus datang ke kantor polisi untuk melakukan pelaporan, sekarang laporan sudah bisa langsung diterima dalam hitungan detik,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa aplikasi QlueApp juga sudah menyertakan informasi mengenai lokasi laporan dengan akurat sehingga laporan bisa ditindaklanjuti dengan lebih cepat. Platform ini juga memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan status laporan mereka dengan cepat.

Untuk melapor dugaan penyalahgunaan narkoba di daerah Jakarta Selatan, masyarakat hanya cukup memasang QlueApp di ponsel pintar mereka yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store serta melakukan registrasi untuk membuat laporan.

Kerahasiaan data pelapor pun dipastikan dapat terjamin, lantaran QlueApp menggunakan nama anonim. Laporan yang masuk melalui QlueApp akan langsung masuk ke Polres Metro Jakarta Selatan dan akan segera diverifikasi oleh para petugas kepolisian.

Untuk melakukan tindak lanjut laporan di lapangan, Polres Metro Jakarta Selatan juga menggunakan aplikasi manajemen tenaga kerja milik Qlue bernama QlueWork untuk melakukan komunikasi dan koordinasi di lapangan.

Seluruh laporan dugaan penyalahgunaan narkoba yang masuk melalui QlueApp akan masuk ke dashboard terintegrasi yang digunakan Polisi untuk pelaporan dan analisis kondisi penyalahgunaan narkoba di lapangan. Dari analisis tersebut, kepolisian bisa merumuskan kebijakan atau keputusan yang lebih efektif dan efisien ke depannya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar