Aplikasi Berita

PeduliLindungi Sekarang Bisa Diakses Lewat Aplikasi DANA

DANA PeduliLindungi

Gadgetren – Pemerintah Indonesia telah mewajibkan penggunaan PeduliLindungi untuk bepergian dengan angkutan umum, jalan-jalan ke tempat wisata, hingga masuk ke Mall.

Aplikasi PeduliLindungi sendiri memuat biodata secara lengkap dengan sertifikat vaksin, riwayat perjalanan, tes antigen, maupun PCR sehingga dapat digunakan untuk memonitor dan mencegah penyebaran pandemi.

Untuk itulah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mulai mengintegrasikan layanan PeduliLindungi ke berbagai aplikasi yang populer digunakan seperti DANA, Gojek, Tokpedia, Traveloka, dan lainnya.

Vince Iswara selaku CEO dan Co-Founder DANA mengatakan bahwa DANA menyambut positif terhadap inisiatif yang dilakukan Kemenkes untuk menggandeng pihak swasta sejak agenda integrasi ini dicetuskan untuk membantu menekan laju pandemi.

“Langkah ini kami rasakan mampu bermanfaat banyak untuk mendorong masyarakat khususnya lebih dari 85 juta pengguna DANA agar tidak lagi ragu untuk melakukan pencatatan digital lewat PeduliLindungi yang sudah tersedia di dompet digital DANA,” tambah Vince.

Menurut Setiaji selaku Chief Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan, kolaborasi Kemenkes dengan mitra aplikasi seperti DANA merupakan upaya untuk memperluas cakupan dukungan QR Code PeduliLindungi dan membangun infrastruktur kesehatan yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Selama masa Pandemi, masyarakat tampak makin familiar dan dekat dengan penggunaan aplikasi digital, termasuk dompet digital DANA. Integrasi yang kami lakukan dengan DANA diharapkan mampu memberi kemudahan bagi masyarakat yang sudah lebih dulu akrab dalam memanfaatkan dompet digitalnya untuk beragam kebutuhan dan mengoptimalkan fungsi PeduliLindungi,” tambah Setiaji.

DANA PeduliLindungi Step

Saat ini kamu pun sudah dapat mengakses fitur PeduliLindungi pada halaman utama DANA. Kamu juga dapat langsung menuju halaman kategori Daily yang dapat diakses dengan menekan tombol View All untuk menemukannya.

Setelah menekan menu PeduliLindungi, kamu harus menyetujui Term & Condition yang ditentukan oleh aplikasi DANA dengan menekan tombol Continue. Selanjutnya kamu akan dihadapkan langsung pada halaman Scan QR Code untuk memindai kode yang terdapat pada berbagai lokasi tujuan seperti Mall, tempat wisata, dan stasiun Commuter Line.

Setelah berhasil memindai kode, kamu akan melihat tanda berwarna hijau, kuning, atau merah di aplikasi DANA yang menandakan status kesehatan kamu. Apabila mendapatkan tanda hijau, maka petugas akan mengizinkan kamu untuk masuk ke Mall atau melanjutkan perjalanan.

Sementara pada saat mendapatkan tanda kuning, petugas akan memverifikasi ulang apakah dapat mengizinkan kamu untuk masuk ke Mall atau tidak. Sementara itu, kamu akan dilarang masuk apabila mendapatkan tanda berwarna merah.

Tinggalkan Komentar