Smartphone Sponsored Content

realme C11 – Lancar Main Game Tanpa Khawatir Baterai Habis

Review realme C11 Header

Gadgetren – Pasar smartphone Indonesia kembali diramaikan oleh produk terbaru besutan realme yaitu realme C11.

Hadir untuk memperkuat lini seri-C di Indonesia, realme C11 dipercaya dapat menjadi pilihan terbaik di harga Rp 1,5 jutaan dan menjadi rajanya smartphone di segmen entry-level. Namun apa yang membuat realme C11 beda dari yang lain?

Sebagai penerus dari realme C2, salah satu peningkatan yang akan paling terasa ditawarkan oleh realme C11 terletak pada daya tahan baterainya. Membawa kapasitas yang lebih besar mencapai 5.000mAh, realme C11 diklaim dapat bertahan hingga 40 hari dalam keadaan standby atau 10,19 jam ketika digunakan bermain PUBG Mobile.

Untuk membuktikannya, realme C11 diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50% yang akan menyimulasikan aktivitas mobile yang biasa dijalankan sehari-hari. Hasilnya, realme C11 menghasilkan skor 12 jam 16 menit dengan baterai tersisa sebanyak 19%.

Mengingat pengguna pada umumnya beraktivitas di luar rumah selama 10 jam setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore, maka realme C11 bisa dikatakan dapat menemani keseharian penggunanya hingga penghujung hari dalam sekali cas.

realme C11 Tes Baterai

Untuk membuktikan daya tahan baterainya secara lebih jauh lagi, realme C11 pun diuji memainkan game PUBG Mobile selama satu jam lamanya pada kualitas grafis Balance. Menariknya, baterai hanya berkurang sebanyak 10% saja yang berarti secara teori pengguna dapat memainkan PUBG Mobile setidaknya lebih dari 9 jam pada realme C11 ini.

Dengan baterai sebesar itu, realme C11 juga mendukung teknologi OTG reverse charging yang memungkinkannya bertindak menjadi seperti powerbank untuk smartphone lain. Sementara untuk pengisian daya realme C11 sendiri membutuhkan waktu 2 jam 44 menit untuk mengisi dari 19% hingga penuh total kembali.

Baterai besar yang dimiliki oleh realme C11 tersebut mampu mensuplai layar seluas 6,5 inci beresolusi HD+ 1600 x 720 piksel. Memiliki layar yang luas pastinya akan berdampak langsung ketika menikmati konten hiburan seperti bermain game maupun menonton video.

Apalagi realme menghadirkan desain Mini-drop yang memungkinkan smartphone ini memiliki rasio layar mencapai 88,7%. Alhasil pengguna dapat lebih menikmati layar luas yang ditawarkan oleh realme C11 secara menyeluruh dengan sedikit gangguan.

Review realme C11 Layar

Bentuk layarnya sendiri lebih memanjang ke atas sehingga bodi smartphone tidak menjadi lebar dan masih terasa nyaman digenggam satu tangan walaupun ukuran layarnya mencapai 6,5 inci.

Tidak cukup bermain di ukuran, realme C11 dibekali layar yang mampu menampilkan warna secara cerah dan menyenangkan untuk dipandang. Ditambah lagi, konten yang ditampilkan masih dapat terlihat dengan cukup jelas ketika smartphone-nya digunakan di bawah terik matahari.

Untuk bisa menampilkan konten-konten yang dijalankan oleh penggunanya dengan lancar, realme mempercayakan chipset MediaTek Helio G35 Octa-Core yang diproduksi dengan fabrikasi 12nm. Berkecepatan hingga 2,3GHz, prosesor yang dibenamkan di dalam realme C11 digadang akan memberikan kinerja ideal bagi para gamer maupun pengguna pada umumnya.

Menemani chipset tersebut, realme C11 dilengkapi RAM LPPDDR4X 2 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB untuk menunjang kebutuhan pengguna masa kini. Terdapat juga varian lainnya yang menawarkan RAM 3 GB bagi kamu yang membutuhkan memori lebih untuk multitasking lebih jauh.

Kombinasi tersebut membuat realme C11 menjadi smartphone yang patut untuk diperhitungkan di kelasnya. Berdasarkan pengujian menggunakan AnTuTu, smartphone ini berhasil meraih angka 105.441 poin.

realme C11 Skor Benchmark

Sementara ketika diuji menggunakan Geekbench 4 mendapatkan 900 untuk Single-Core dan 4.153 untuk Multi-Core serta pada PCMark for Android meraih 5.884 poin. Angka yang sangat kompetitif untuk sebuah smartphone kelas entry level.

Saat digunakan dalam keseharian, kinerja yang dimiliki realme C11 sudah tergolong mencukupi untuk menjalankan berbagai aplikasi populer dengan baik mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok yang terkenal berat akibat banyak gambar atau video.

Untuk menguji kemampuannya secara lebih nyata, realme C11 pun diajak untuk bermain beberapa judul game populer yang tengah digandrungi oleh para kawula muda di Indonesia. Salah satunya tentu saja Mobile Legends sebagai perwakilan dari genre MOBA.

Berkat digunakannya chipset Helio G35, Mobile Legends dapat dimainkan tanpa ada hambatan. Bahkan terdapat beberapa pengaturan grafis yang bisa diaktifkan mulai dari HD Mode, HFR Mode, hingga grafis High yang pastinya akan meningkatkan pengalaman bermain.

realme C11 Mobile Legends

Sementara itu pada game Free Fire yang tergolong lebih berat, realme C11 secara mengejutkan sanggup menjalankannya pada grafis Ultra dengan pengaturan Shadow dan High FPS aktif secara cukup lancar.

Ini tentunya sebuah kabar menggembirakan karena beberapa tahun lalu smartphone di kelas ini belum tentu bisa menjalankan game di grafis tinggi. Namun kini di 2020 sudah ada smartphone seperti realme C11 yang menyanggupinya.

realme C11 Free Fire

Hal ini juga sejalan dengan slogan realme C11 yang berbunyi ‘Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas’ yang digaungkan oleh realme karena smartphone ini memang punya baterai dan baterai mumpuni yang akan membuat pengalaman bermain semakin seru.

Pasar Indonesia pun menjadi yang pertama disambangi oleh realme C11 di dunia sehingga kamu bisa menjadi salah satu orang pertama di dunia yang bisa merasakan kemampuannya.

Performa yang mumpuni tersebut juga disebabkan oleh kehadiran realme UI berbasis Android 10 sebagai sistem operasinya. Dirancang dengan mengikuti estetika yang disukai oleh anak muda, realme UI menghadirkan tampilan visual yang gaya dan tidak membosankan sambil memberikan pengalaman fungsional yang lebih jauh lagi.

realme C11 UI

Tampilan antarmuka besutan realme ini juga dilengkapi oleh berbagai fitur yang akan membantu penggunaan sehari-hari. Salah satunya merupakan Mode Fokus yang akan mencegah notifikasi masuk sambil memberikan musik menenangkan untuk membuat penggunanya dapat lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tidak ketinggalan juga ada Mode Gelap yang akan mengubah tampilan secara garis besar menjadi warna hitam. Selain mampu mendukung aplikasi pihak ketiga, Mode Gelap ini juga dapat diatur untuk aktif secara otomatis ketika malam hari.

Selain itu, realme UI juga memiliki sebuah fitur baru yang tidak kalah menariknya bernama Dual Mode Music Share. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, pengguna dapat berbagi musik atau video dengan pengguna lain dari dari sumber smartphone realme yang sama.

Review realme C11 Kamera

Untuk bisa merebut hati pengguna dari berbagai kalangan, realme pun tidak lupa untuk menyematkan konfigurasi kamera yang kekinian. Pada bagian belakangnya, realme C11 memiliki AI Dual Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP dan kamera Portrait 2MP yang telah didukung berbagai mode andalan seperti Nightscape dan Chroma Boost.

Sementara pada bagian depannya terdapat kamera 5MP yang dilengkapi AI Beauty untuk dapat menghasilkan foto selfie yang bagus. Walaupun tidak memiliki kamera sekunder, namun realme C11 tetap dapat mengambil foto selfie dengan efek bokeh.

realme C11 Kamera Belakang Bunga

realme C11 Kamera Belakang Mobil

realme C11 Kamera Belakang Kucing Marked

realme C11 Kamera Belakang Kucing Zoom

realme C11 Kamera Belakang Buah

Kamera utama dari realme C11 mampu menangkap detail obyek dengan baik dalam kondisi pencahayaan optimal. Reproduksi warna yang dihasilkan juga terbilang cukup akurat sebagaimana aslinya. Yang tidak kalah penting, kamera utama ini punya shutter speed yang cepat sehingga pengguna tidak akan melewatkan momen-momen berharga.

realme C11 Kamera Belakang Robot Bokeh Markeds

realme C11 Kamera Belakang Robot Bokeh Zooms

Dilengkapi dua kamera belakang yang salah satunya merupakan kamera Potrait, realme C11 mampu memberikan efek bokeh pada tingkat perangkat keras. Alhasil foto memiliki efek bokeh lebih natural hingga ke sudut maupun celah kecil sekalipun sehingga membuat subyek atau obyek lebih menonjol.

realme C11 Kamera Belakang Lampu AutoAuto

realme C11 Kamera Belakang Lampu ChromaboostChromaboost

Chromaboost telah menjadi salah satu fitur andalan realme sejak lama dalam hal fotografi mobile. Dalam sekali lihat dapat langsung tampak bahwa foto yang diambil dengan Chromaboost punya warna yang lebih terang dan menarik perhatian.

realme C11 Kamera Belakang Malam Rumah

realme C11 Kamera Belakang Malam Pohon

realme C11 Kamera Belakang Malam Pizzahut

realme C11 Kamera Belakang Malam Toko AutossAuto

realme C11 Kamera Belakang Malam Toko NightscapessNightscape

Pihak realme mengklaim bahwa realme C11 merupakan smartphone dengan kemampuan foto malam terbaik di kelas harganya. Apakah kamu setuju? Lihat foto yang dihasilkan menggunakan mode Nightscape andalan realme.

Foto malam yang dihasilkan kamera belakang realme C11 tergolong cukup jelas untuk smartphone di kelasnya. Noise yang muncul tidak terlalu kentara dan foto tidak terlihat seperti cat air yang sering kali menjadi momok untuk sebuah smartphone entry level.

Mode Nightscape yang dimiliki oleh realme C11 mampu mengisolasi pendaran cahaya dengan baik dan menjaga warna obyek tetap natural. Ditambah lagi noise yang muncul menjadi jauh lebih sedikit ketimbang menggunakan model Auto ketika memotret saat malam hari.

realme C11 Kamera Depan AutoAuto

realme C11 Kamera Depan PortraitPortrait

Bagi para pecinta selfie, realme C11 menawarkan kamera depan yang cukup mumpuni dalam mengabadikan detail wajah dari sang subyek, bahkan hingga dapat melihat setiap helaian rambut.

Seluruh spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh realme C11 tersebut dibalut di dalam bodi yang terlihat trendi dan berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lain di kelas yang sama. Sama seperti pendahulunya, realme memberikan desain yang terbilang berbeda untuk realme C11 jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelas yang sama.

Review realme C11 Bagian Belakang

Bagian belakangnya memiliki tekstur guratan bergelombang yang menjulang dari atas ke bawah yang dipisahkan oleh sebuah garis layaknya pilar cahaya yang turun dari model kamera berbentuk kotak. Logo realme pun terukir pada sisi bawah pilar cahaya tersebut.

Sementara itu, pinggiran bodi dibuat dengan lekukan bersudut untuk memberikan cengkraman tambahan. Desain geometrik yang dipilih untuk realme C11 membuatnya patut dinobatkan sebagai smartphone paling anti selip karena efektif membuat smartphone sulit untuk terpeleset dari tangan.

Ditambah lagi tampilan smartphone menjadi tetap bersih karena noda sidik jari tidak mudah menempel. Maka dari itu smartphone akan selalu terlihat menarik walaupun tidak menggunakan casing pelindung sekalipun.

Review realme C11 Slot Tray

Pilihan warna yang realme tawarkan pun terbilang unik, yakni Mint Green dan Pepper Grey yang terinpirasi dari bumbu memasak. Warna yang tidak biasa tersebut realme pilih untuk memberikan cita rasa visual spesial kepada para penggunanya.

Tombol-tombol fungsional baik itu Power dan Volume ditempatkan pada sisi kanan secara berjajar sedangkan pada bagian kiri terdapat tempat untuk dimasukkannya dua kartu SIM serta microSD.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan tersebut mulai dari segi baterai, spesifikasi, hingga desain, realme C11 bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang tengah mencari smartphone di harga Rp 1,5 jutaan karena berhasil memberikan keseimbangan di segala segmen.

Maka dari itu tidak heran kalau realme C Series hingga sekarang telah digunakan lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, realme C11 sebagai produk terbarunya menghadirkan nilai yang cukup menggiurkan di kelas entry-level dengan membawa spesifikasi mumpuni yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan.

Mau baterai tahan lama? Mau desain belakang yang menarik perhatian? Mau gaming dengan cukup lancar? Mau punya kamera yang kaya akan fitur? realme C11 menyanggupi hal-hal tersebut tanpa ada salah satu segmen yang harus dikorbankan.

Tinggalkan Komentar