Berita

MediaTek MT8516, Platform Generasi Pertama Untuk Smart Audio

MediaTek Amazon Development Kit Header.

Gadgetren – MediaTek telah meluncurkan MT8516 2-Mic Development Kit for Amazon Alexa Voice Service (AVS), yakni platform generasi pertama dari MediaTek Smart Audio.

Produk ini telah mendukung layanan Alexa Multi-Room Music (MRM), teknologi-teknologi MediaTek Far-Field, serta PowerAQTM. Alat ini kabarnya memudahkan upaya-upaya rekayasa dan dapat memaksimalkan para pembuat perangkat untuk berfokus pada variasi produk.

Roman Lee selaku Deputy Director, Intelligent Multimedia Business Unit menuturkan bahwa alat ini menggunakan MediaTek MT8516 dengan Algoritma Far-Field yang merupakan sebuah platform Audio-AP yang diklaim sangat efisien, kaya peripheral, dan dirancang untuk perangkat-perangkat dengan dukungan Amazon Alexa.

Misalnya saja seperti pengeras suara cerdas, soundbar, dan perangkat cerdas rumahan lainnya dengan pengenalan suara alami sebagai sistem operasi utama. Merek-merek global yang menggunakan platform ini antara lain Amazon, Sony, dan JBL.

“Software Development Kit (SDK) Yocto menyediakan kustomisasi yang sangat fleksibel dan sederhana. Para pengembang bisa memanfaatkan berbagai kerangka kerja proyek untuk menyederhanakan proses pembuatan sistem tertanam baru,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren.

Tak hanya itu saja, Yocto juga telah menyediakan antarmuka suara dan audio standar seperti ALSA untuk suara/audio in/out yang dapat menghemat waktu dan biaya pengembangan guna mendorong kustomisasi lebih dalam dan fitur-fitur yang unik.

Lee mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan platform umum lainnya, MT8516 merupakan platform yang mudah tersambung dengan kinerja komputasi yang canggih untuk pengeras suara cerdas.

 

Teknologi MediaTek Algoritma Far-Field dan PowerAQ mampu melakukan pemrosesan audio sehingga membuat MT8516 diklaim menjadi sebuah solusi lengkap sebagai SDK audio.

Berbicara soal spesifikasinya, MT8515 hadir dengan System of Chip (SoC) yang terdiri dari empat-inti ARM Cortex-A35 MPCoreTM 64-bit yang beroperasi hingga 1,3GHz. Audio-AP ini mampu melakukan pemrosesan audio dan kalkulasi far-field, sehingga dapat menghilangkan Digital Signal Prosesor (DSP) tambahan.

Dengan MediaTek PowerAQ, para insinyur produk memiliki sebuah sistem operasi atau antarmuka GUI yang mudah untuk melakukan desain alir sinyal dan menyetel parameter audio. Selain dukungan NAND, SoC ini telah dilengkapi oleh varian yang fleksibel untuk memori termasuk LPDDR2, LPDDR3, DDR3 dan DDR3L untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan platform.

Tak ketinggalan juga set antarmuka seperti I2Sx2 (4 kanal), TDM (hingga 8 kanal), dan PDM (2 kanal) telah tersedia untuk kendali input suara mikrofon dan produk-produk audio sudah terhubung. Sementara untuk konektivitasnya sendiri sudah didukung oleh USB 2.0 OTG, Ethernet 10/100, HDMI 1.4 Tx dengan ARC, SPDIF, serta DAC dan ADC audio dua kanal tertanam.

Platform MT8516 juga sudah tersambung dengan Wi-Fi dan Bluetooth dengan RF di sebuah cip tunggal. “Ini tidak hanya menyederhanakan desain, mempercepat waktu ke pasar, tapi juga mengurangi ukuran platform sehingga bisa menghasilkan peluang-peluang desain produk yang bahkan semakin kecil dan semakin efisien,” tutup Lee.

Tinggalkan Komentar