ASUS TUF Gaming FX507
Berita PC

ASRock DeskMini A300 – Desktop PC Mungil dengan APU Ryzen Bertenaga

ASRock DeskMini A300 Header

Gadgetren – ASRock menghadirkan DeskMini A300 terbaru sebagai produk yang menawarkan performa tinggi dalam bentuk yang ramping.

Sesuai namanya, ASRock DeskMini A300 mempunyai bodi mungil dengan lebar 140 mm dan panjang 147 mm sehingga dapat diletakkan di atas meja kerja tanpa memakan tempat terlalu banyak. Walaupun mempunyai form factor yang compact, perangkat ini tetap menawarkan performa bertenaga yang siap untuk dibawa gaming sekali pun.

AMD Ryzen 5 3400G dengan Radeon RX Vega 10 atau Ryzen 3 3200G dengan Radeon RX Vega 8 didaulat sebagai otaknya untuk memberikan performa komputasi dan olah grafis yang memadai. Penggunaan APU yang bertenaga yang menggabungkan CPU dan GPU dalam satu paket akan menghadirkan kinerja yang saling bersinergi.

Bersamaan dengan itu terdapat dua slot RAM DDR4 dengan dukungan kapasitas hingga 64GB untuk menunjang aktivitas multitasking yang semakin lama semakin memakan banyak memori.

Ryzen 5 3400G sendiri memiliki clock speed 3,7GHz dan dapat didorong lagi melalui mode Turbo hingga mencapai 4,2GHz. Sementara untuk Ryzen 3 3200G berada sedikit di bawahnya, dengan clock speed 3,6 GHz hingga 4 GHz ketika mode Turbo diaktifkan.

Pihak AMD pun mengklaim bahwa Ryzen 5 3400G menjanjikan performa 150% lebih baik dibandingkan kompetitornya, Intel Core i5-9400, dalam hal produktivitas. Dikombinasikan dengan Radeon RX Vega 10 untuk soal olah grafis, pengguna pun dapat memainkan game dengan nyaman dalam resolusi Full HD 1080p dengan rata-rata 30 fps.

ASRock DeskMini A300 Gaming Chart

Konfigurasi ini memungkinkan ASRock DeskMini A300 menawarkan performa mumpuni dalam berbagai hal, termasuk bermain game dengan harga yang relatif lebih terjangkau karena tidak perlu repot memikirkan kartu grafis tambahan untuk bisa mendapatkan pengalaman yang mulus. Menariknya lagi, perangkat ini pun menyediakan Bluetooth di samping koneksi WiFi.

Tidak hanya soal kinerja saja, ASRock DeskMini A300 pun memberikan keleluasaan bagi penggunanya. Desktop mini ini dalam hal konektivitas memiliki port 3.5mm audio combo, 1x HDMI, 1x DisplayPort, 1x D-Sub, 1x USB-C 3.1 Gen1, 2x USB-A 3.1 Gen1, dan 2x USB 2.0.

Selain itu, pengguna juga bisa menyematkan solusi penyimpanan M.2 PCIe Gen3 x4 dan SATA 6Gb masing-masing sebanyak dua buah untuk memberikan keseimbangan antara performa dan kapasitas yang luas.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar