Berita

Bocor! iPhone 12 Pro Series Akan Bawa Layar 120Hz dan Kamera LiDar

iPhone 12 Pro Leak[Ilustrasi: PhoneArena]

Gadgetren – Bocoran mengenai smartphone iPhone seri 12 sudah banyak bermunculan di internet. Lini smartphone terbaru dari Apple ini akan menghadirkan beragam fitur baru yang menarik.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari PhoneArena, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz bernama ProMotion yang telah dihadirkan pada iPad Pro sejak tahun 2017 silam.

Refresh rate 120Hz mengartikan bahwa konten pada layar disegarkan 120 kali dalam satu detik sehingga gerakan transisi perpindahan aplikasi atau menu dan animasi pada game berjalan dengan sangat halus sehingga memanjakan mata penggunanya.

Namun perlu dicatat, game yang dijalankan pun harus sudah mendukung kecepatan tersebut agar gerakan atau animasi yang ditampilkan pada layar dapat menjadi lebih optimal. Apple sendiri dikabarkan mempunyai pilihan pengguna layar 120Hz atau 60Hz pada iPhone seri 12.

Sistem ProMotion memungkinkan refresh rate dari layar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan beralih secara otomatis dari 60Hz ke 120Hz tergantung konten yang tengah ditampilkan.

Dengan kata lain, kedua smartphone ini akan menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz secara bawaan agar menghemat daya baterai, meskipun Apple dikabarkan berencana untuk meningkatkan kapasitas baterainya.

Kombinasi jaringan 5G dan ProMotion pastinya akan membutuhkan lebih banyak daya baterai sehingga dikabarkan Apple akan menghadirkan baterai 4.400mAh pada iPhone 12 Pro Max, mengalami peningkatan 10,9% dibandingkan iPhone 11 Pro Max dengan baterai 3.969mAh.

iPhone 12 Pro dan Pro Max[Ilustrasi: PhoneArena]

Sementara itu, Apple dikabarkan akan meluncurkan empat iPhone seri 12 yang terdiri dari dari iPhone 12 dengan layar 5,4 inci, iPhone 12 Plus dengan layar 6,1 inci, iPhone 12 Pro dengan layar 6,1 inci, dan iPhone 12 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Keempat smartphone ini akan sama-sama menggunakan chipset Apple A14 Bionic terbaru yang diyakini akan berteknologi fabrikasi 5nm. Dengan 15 miliar transistor di dalamnya (A13 Bionic hanya 8,5 miliar), A14 Bionic dapat memberikan lompatan kinerja lebih jauh, namun efisien konsumsi daya meningkat.

iPhone 12 dan iPhone 12 Plus akan menggunakan kamera Wide dan Ultra-Wide. Sementara dua iPhone 12 model Pro akan memiliki tambahan lensa telephoto yang dapat melakukan 3x Optical Zoom dan kamera kedalaman LiDar seperti yang diperkenalkan pada iPad Pro terbaru.

Kamera LiDar ini mengggunakan teknologi ToF (Time of Flight) yang dapat meningkatkan kemampuan AR (Augmented Reality) dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengambilan foto Portrait pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Tinggalkan Komentar