ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Tunjang Ibadah Dikala Ramadan, umma Luncurkan Tiga Fitur Tambahan

umma Luncurkan tiga fitur baru Bulan Ramadan Header

Gadgetren – Sebagai platform media sosial untuk umat Islam di Indonesia, umma kini menghadirkan tiga fitur spesial sebagai penunjang ibadah penggunanya selama bulan Ramadan 1441 H.

Sehubungan dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), umma menawarkan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama khususnya di bulan Ramadan tahun ini.

Indra Wiralaksmana selaku Co-Founder dan CEO umma mengatakan bahwa dari hasil pengamatan pihaknya sejak himbauan menjaga jarak (physical distancing) dimulai, pengguna umma merindukan kajian-kajian majelis ilmu. Apalagi kini mulai memasuki bulan Ramadan.

“Bulan Suci Ramadan tentunya dinantikan umat Islam untuk mengerjakan kebaikan dan beribadah. Sesuai misi kami, umma sebagai media sosial umat Islam di Indonesia siap membantu umat muslim Indonesia untuk terus bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren (22/04/2020).

Selain fitur penunjang ibadah utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Al-Qur’an, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah,.

Fitur Jurnal Ibadah Harian dapat memberikan penanda pencapaian ibadah (lencana) berdasarkan aktivitas pengguna di dalam aplikasi. Untuk mendapatkan masing-masing lencana, pengguna harus menyelesaikan misi ibadah seperti membaca Al-Qur’an selama 30 menit dalam 5 hari berturut-turut.

Selain itu ada Klinik Baca Al- Qur’an dimana pengguna dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an secara tartil, tajwid, dan sesuai makhorijul huruf (ejaan huruf) untuk bacaan ayat-ayat tertentu.

Fitur-Bulan-Ramadan-umma

Pengguna cukup mengirimkan rekaman pembacaan Al-Qur’an melalui fitur unggah video dan ustaz yang ada di umma akan memberikan evaluasi yang dapat dijadikan bahan belajar membaca Al-Qur’an oleh semua pengguna umma. Fitur ini juga diramaikan dengan program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa.

Terakhir ada fitur Live Streaming Kajian untuk mengurangi rasa rindu menghadiri majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadan. Fitur ini memfasilitasi pengguna umma untuk dapat berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz secara langsung.

Materinya sendiri akan disampaikan oleh ustaz berpengalaman melalui fitur Live Streaming pada waktu sahur dan menjelang buka puasa. Meskipun tidak dapat menggantikan silaturahmi tatap muka sepenuhnya, harapannya umma dapat turut menghidupkan suasana Ramadan dalam kondisi yang tidak seperti biasanya lewat ketiga fitur spesial #diummaaja, .

Bertepatan dengan milad atau ulang tahun umma pertama yang jatuh di bulan April, umma akan berbagi hadiah kepada para pengguna di bulan Ramadan melalui serangkaian kegiatan di dalam aplikasi umma.

Di samping itu umma juga akan menghadirkan kartu ucapan elektronik di dalam aplikasi untuk dapat dibagikan ke sanak keluarga dan teman melalui media sosial.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar