Berita

Bantu Pengajar Tanah Air, Google Hadirkan Situs Mengajar Dari Rumah

Google Mengajar Dari Rumah Header

Gadgetren – Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dari rumah, Google baru saja meluncurkan situs belajar yang dapat membantu pendidik mengajar dari rumah, sehingga mereka bisa lebih produktif dengan berbagai metode digital yang diberikan Google.

Meski judul situs ini berbahasa inggris, namun kontennya bisa dinikmati dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan guru di seluruh Indonesia mengaksesnya.

Situs ini dirancang Google sebagai pusat informasi dan solusi kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang ditujukan khusus untuk mendukung aktivitas pengajar, orang tua, dan siswa selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar karena virus korona atau COVID-19 yang saat ini masih mewabah.

Situs tersebut merupakan inisiatif Google dan bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam situs ini juga disediakan unduhan file yang dapat dipilih untuk berbagai macam bahasa sehingga bisa digunakan untuk guru atau yang mungkin berbahasa asing.

“Setiap harinya, makin banyak pengajar yang diminta untuk mengajar dari rumah. Namun, Anda tidak sendiri,” ungkap Dean Stokes selaku Google untuk Pendidikan yang menanggapi situs ini dalam sebuah tautan video YouTube resmi di situs tersebut.

Tips Siswa Berkebutuhan Khusus Bisa Akses Google

Adapun konten situs Mengajar Dari Rumah ini menampilkan beberapa tips untuk mengajar jarak jauh yang memerlukan beberapa pendekatan berbeda. Misalnya tips cara mengajar jarak jauh dengan video call dan juga tips mengajar jarak jauh tanpa video call.

Dari tips cara mengajar jarak jauh dengan video call, Google menyertakan juga tautan langkah-langkah menggunakan Google Meet untuk video call. Sementara untuk tanya jawab dengan murid pengajar bisa menggunakan fitur Google Doc pada Google Slide.

Untuk buat janji dengan siswa, pengajar bisa memanfaatkan fitur Google Calendar agar jam pembelajaran dari rumah tetap terjadwal dengan baik.

Sementara tips cara mengajar jarak jauh tanpa video call, Google menyertakan pula langkah-langkah menggunakan Google Classroom. Guna pembelajaran tetap terekam, pengajar juga bisa menyimpannya di Google Sites dan juga bisa membuat kuis secara online di Google Docs.

Agar lebih interaktif, pengajar bisa memanfaatkan fitur komentar di Google Docs untuk memberikan tanggapan soal hasil belajar atau kuis siswa. Google juga memberikan tips untuk pengajar agar siswanya yang memiliki kebutuhan khusus bisa tetap belajar dari rumah.

Situs Mengajar Dari Rumah bisa diakses pengajar atau orang tua pada tautan ini dan siswa juga mengakses materi pelajaran dari situs Kemendikbud di tautan berikut ini.

Tinggalkan Komentar