Berita

GrabHealth Bersama Good Doctor Berikan Rapid Dan PCR Test Gratis Buat Tenaga Medis

Rapid Test GrabHealth powered by by Good Doctor Header.

Gadgetren – GrabHealth powered by Good Doctor sebagai platform kesehatan digital memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada tenaga kesehatan di Indonesia.

Adapun fase pertama program ini dimulai pada 15-30 April 2020 dengan memberikan rapid test secara drive thru kepada 1.000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi GrabCar maupun GrabBike di area Jakarta.

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, makan harus menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut. Sementara untuk mitra pengemudi GrabCar maupun GrabBike hanya mendapat rapid test.

Semua tes ini diberikan secara gratis dan GrabHealth maupun Good Doctor akan memperluas penyediaan jumlah tes gratis ini di fase yang akan datang.

Danu Wicaksana selaku Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan bahwa GrabHealth powered by Good Doctor telah ditunjuk menjadi mitra resmi pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam memerangi wabah COVID-19.

“Tentunya untuk memastikan kelayakan berdasarkan tingkat risiko infeksi, semua peserta tes akan melalui screening terlebih dahulu dalam platform kami. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung inisiatif ini, terutama kepada Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC) dan mitra yang berkontribusi dalam pengadaan PCR test gratis untuk tenaga kesehatan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren (15/04/2020).

Foto Rapid Test GrabHealth powered by by Good Doctor

Sebelum melakukan tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan.

Konsultasi ini penting sebagai screening untuk menentukan tingkat risiko COVID-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini. Seluruh biaya pengadaan alat dan pelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19).

Untuk PCR test sendiri akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan. Semua staf yang terlibat dalam proses rapid test dan PCR test ini pun akan menggunakan alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan sesama.

Dalam pelaksanaan tes, Good Doctor telah bekerjasama dengan RS Brawijaya sebagai tim pelaksana rapid test dan juga SBC yang didukung oleh Lab Mikrobiologi Klinik FKUI, RS Haji Jakarta dan RS Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai penyedia PCR testing bagi tenaga kesehatan.

Tinggalkan Komentar