Tips dan Trik

2 Cara Nonton Video YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Buat Kamu yang Pakai Ponsel Android

Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kebanyakan ponsel modern yang beredar saat ini telah membawa fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk menonton video-video di layanan YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Bagi kamu yang belum tahu, ada dua fitur yang bisa digunakan dalam hal ini berupa split screen yang hadir sejak Android 7.0 Nougat dan picture-in-picture yang hadir mulai dari Android 8.0 Oreo (tergantung juga pada jenis antarmuka sistem yang digunakan).

Kedua fitur tersebut secara umum mendukung pemuatan lebih dari dua antarmuka aplikasi sekaligus sehingga pengguna bisa melakukan beberapa hal seperti menonton video-video YouTube sembari membalas pesan, membuka sosial media, atau membaca artikel Gadgetren di peramban.

Secara lebih detail, spilt screen bisa membuat tampilan layar terbagi menjadi dua bagian sementara picture-in-picture bisa membuat tampilan aplikasi yang mendukung melayang di atas aplikasi yang lain.

Bagaimana cara menggunakan fitur-fitur tersebut agar kita bisa menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain? Khusus bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur tersebut, mari kita bahas satu per satu langkah-langkahnya pada artikel kali ini.

Namun sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa menggunakan kedua fitur tersebut. Kamu memerlukan aplikasi-aplikasi yang mendukung fitur tersebut jika ingin menggunakannya.

YouTube untungnya sudah mendukung kedua fitur tersebut. Hanya saja untuk wilayah Indonesia, kamu secara khusus perlu berlangganan YouTube Premium agar bisa menggunakan fitur picture-in-picture.

Untuk menggunakan fitur split screen supaya bisa menonton video Youtube sambil membuka aplikasi lain, kamu pertama-tama harus membuka aplikasi YouTube lalu cari video yang akan ditonton.

Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain - Split Screen

Apabila sudah ketemu dan membuka video tersebut, kamu selanjutnya bisa menekan tombol recent. Bagi kamu yang belum akrab, tombol yang bisa memunculkan berbagai macam aplikasi yang baru saja dibuka ini terletak di samping tombol home.

Setelah daftar aplikasi yang terbuka muncul, kamu selanjutnya bisa menarik tampilan aplikasi YouTube ke bagian atas atau kamu bisa menekan tombol split screen. Tombol split screen ini terletak di bagian atas tampilan aplikasi, tepatnya di samping tombol close.

Tampilan layar biasanya secara otomatis akan langsung terbagi menjadi dua dengan menggunakan cara ini. Jika sudah seperti itu, kamu bisa kembali memutar video dengan mengetuknya.

Kamu selanjutnya bisa mengetuk bagian kosong (bagian layar yang bawah) untuk mencari dan membuka aplikasi lain. Pada beberapa ponsel, kamu dalam hal ini perlu mengetuk tombol back agar bisa ke halaman utama setelah mengetuk bagian kosong.

Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain - PIP

Sementara untuk menggunakan fitur picture-in-picture agar bisa menonton video di YouTube sambil membuka aplikasi lain, kamu hanya perlu menekan tombol home saat memutar video. Tampilan video nantinya secara otomatis akan menyusut dan bisa kamu tarik ke bagian yang diinginkan.

Karena kamu memerlukan langganan YouTube Premium untuk fitur picture-in-picture ini, kamu bisa menggunakan aplikasi lain seperti peramban yang mendukung sebagai alternatif lain untuk membuka video tersebut.

Sebagai catatan penting, beberapa perusahaan juga membekali fitur yang serupa dengan fitur picture-in-picture. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Samsung sebagai salah satunya. Kamu bisa menggunakan fitur mirip picture-in-picture di ponsel buatan Samsung dengan mengusap layar melintang dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah menggunakan ujung jari saat memutar video.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar