Berita

MediaTek Ungkap Sebentar Lagi Smartphone dengan Helio G80 akan Dirilis!

MediaTek Helio G Feature

Gadgetren – MediaTek secara resmi telah menyelenggarakan SEA Media / Blogger Coffee Talk secara online melalui aplikasi konferesi Webex Cisco Meetings.

Lewat acara ini, Suiyen Pang selaku Senior Manager MediaTek memaparkan beberapa update mengenai beberapa chipset MediaTek terbaru seperti seri Helio G, seri Helio P, dan Dimensity. Sekilas, Helio G sendiri mempunyai beberapa varian yang terdiri dari G70, G80, G90, dan G90T.

Helio G merupakan seri chipset yang dikembangkan oleh MediaTek untuk berfokus pada perangkat mobile game. Chipset ini hadir dengan beberapa teknologi menarik mulai dari MediaTek HyperEngine, konektivitas minim latensi serta lancar ketika bermain, dan dukungan multi kamera.

Dengan hadirnya chipset seri Helio G, pihak MediaTek berharap bahwa akan lebih banyak orang dapat menikmati smartphone yang menjalankan game mobile dengan lancar, namun tetap mempunyai harga yang terjangkau.

Suiyen mengatakan bahwa sudah ada smartphone dengan seri Helio G yang hadir di Indonesia, yakni realme C3 dibekali MediaTek Helio G70 Octa-Core dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro dilengkapi Helio G90T Octa-Core.

MediaTek Helio Feature

Berdasarkan pengujian dengan menggunakan AnTuTu Benchmark v8.2, realme C3 mampu mendapatkan skor 181 ribuan poin dan Redmi Note 8 Pro memiliki skor tinggi 283 ribuan poin.

Hal ini memperlihatkan bahwa smartphone dengan harga Rp 1 jutaan mampu mendapatkan skor yang cukup tinggi berkat penggunaa Helio G70. Sementara perangkat dengan harga Rp 3 juta mampu punya performa mendekati smartphone flagship berkat Helio G90T.

Suiyen sendiri mengungkapkan bahwa sebentar lagi smartphone dengan chipset MediaTek Helio G80 akan dirilis ke dunia. Meskipun belum diketahui seri dan merek smartphone ini, namun terdapat bocoran di internet yang menyebutkan bahwa realme 6i akan menjadi yang pertama menggunakan chipset Helio G80.

Dengan kata lain, performa dan fitur yang dimiliki oleh Helio G80 akan berada di antara G70 dan G90T. Apabila melihat jejak rekam realme yang telah meluncurkan realme 6 di Indonesia, maka kemungkinan besar realme 6i juga akan dihadirkan di tanah air.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan MediaTek, Helio G80 ini akan menggunakan delapan inti dengan kombinasi dua inti Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan enam inti Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz yang mempunyai performa bertenaga.

Di atas kertas, performa dari Helio G80 lebih cepat dibandingkan dengan Helio G70. Meskipun sama-sama menggunakan ARM G52 MC2, namun GPU dari Helio G80 mempunyai kecepatan 950 MHz yang lebih baik dibandingkan milik Helio G70 yang mencapai 820 MHz.

Dengan spesifikasi yang diperlihatkan ini, MediaTek mengisyaratkan bahwa Helio G80 merupakan chipset yang tepat untuk smartphone gaming kelas menengah dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Suiyen Pang mengajak para media dan blogger yang hadir dalam konferensi ini untuk menunggu kehadiran smartphone dengan MediaTek Helio G80.

Tinggalkan Komentar