Aplikasi Berita

Ini Beberapa Upaya Gojek Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver Di Tengah Virus Korona

Header-Gojek-Jaga-Kesehatan-dan-Keselamatan-Driver

Gadgetren – Untuk menjaga kesehatan mitra driver, Gojek melakukan berbagai macam upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para mitra driver di masa wabah virus korona agar dapat tetap prima dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer Gojek mengatakan dalam situasi seperti sekarang ini, mitra driver Gojek memegang peranan yang luar biasa penting untuk memastikan masyarakat dapat menjalani kehidupan senormal mungkin ketika mereka #dirumahaja.

“Dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, mitra driver Gojek menjadi garda terdepan untuk menghadirkan layanan pengiriman makanan, transportasi dan layanan lainnya bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers Gojek yang diterima oleh tim Gadgetren (23/03/2020).

Sejalan dengan niat baik tersebut, Gojek telah menyediakan ribuan masker, cairan pembersih (hand sanitizer), vitamin, dan penyemprotan kendaraan dengan cairan desinfektan di berbagai kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan ke kota-kota lainnya.

Selain itu, Gojek juga menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh di Merchant GoFood untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu. Kartu Penanda Suhu Tubuh ini merupakan pedoman dari Gojek yang dijalankan berbagai mitra merchant GoFood untuk memastikan keamanan dan makanan yang dikirimkan.

Kartu ini berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yakni karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Dengan prosedur ini, mitra driver kami dapat mengetahui suhu tubuhnya dari waktu ke waktu tanpa harus melakukan pengecekan sendiri.

Disamping itu, Gojek telah mengimplementasikan sistem contactless delivery atau layanan tanpa kontak fisik langsung pada layanan GoFood dan GoSend demi meminimalisir kontak langsung antara mitra driver dan pelanggan dengan menyediakan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat.

Secara berkelanjutan, Gojek juga mensosialisasikan materi edukasi terkait pencegahan virus korona yang mengikuti panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara berkala melalui kanal komunikasi mitra driver, termasuk fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification).

Gojek juga telah memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver.

  • Himbauan membawa helm sendiri jika memungkinkan, jika tidak bisa, konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh helm dari mitra driver
  • Himbauan menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh pintu mobil
  • Himbauan wajib menggunakan masker jika konsumen sedang tidak enak badan
  • Himbauan dilarang membuang tisu atau masker di dalam mobil GoCar
  • Himbauan membayar secara non-tunai untuk mengurangi kontak fisik.

Tinggalkan Komentar