Tips dan Trik

Cara Mengatasi Laptop yang Mulai Lemot Biar Tak Menggangu Aktivitasmu

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Setelah digunakan secara terus menerus, laptop bisa saja akan mengalami penurunan kinerja sehingga menjadi sangat lambat untuk menjalankan aplikasi atau mengerjakan suatu tugas.

Penurunan kinerja ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari penyimpanan yang penuh, piranti keras yang sudah mulai uzur, malware hingga terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak kemampuan laptop yang menurun karena beberapa hal tersebut di atas. Apa saja itu?

1. Menghapus Aplikasi dan Data yang Tidak Dipakai

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Uninstall Aplikasi

Langkah pertama yang bisa ditempuh untuk membuat laptop dapat berjalan cepat kembali adalah dengan mengosongkan penyimpanan. Seperti yang kita tahu, perangkat dengan memori yang penuh akan kesulitan menemukan data-data yang dibutuhkan oleh aplikasi.

Selain bisa dilakukan dengan menghapus data-data yang tidak berguna seperti film, dokumen, atau musik, hal ini bisa dilakukan dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak sering dipakai.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, kamu tidak hanya  mengosongkan ruang penyimpanan melainkan juga dapat membatasi aplikasi-aplikasi tersebut untuk tidak berjalan di belakang layar.

Sebagai saran tambahan, kamu bisa membuat laptop menjadi lebih segar dengan mereset atau menginstall ulang sistem operasi dalam hal ini.

2. Mengatur Startup Program

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Mengatur Startup Program

Kamu juga bisa membatasi aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan mengatur stratup program, yakni program-program yang akan berjalan secara otomatis sejak laptop dihidupkan.

Di sistem operasi Windows 10, kamu bisa mengaturnya dengan menekan tombol Ctrl, Shift, dan Esc di keyboard secara bersamaan. Selanjutnya, buka tab Startup lalu klik kanan pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan tekan Disable.

3. Memindai Virus

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Memindai Virus[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, virus juga bisa menjadi penyebab utama melemahnya kemampuan laptop. Untuk itu, kamu bisa memasang aplikasi antivirus tambahan lalu kemudian memindai perangkat.

Sedikit saran, jangan pernah memasang aplikasi ilegal atau aplikasi bajakan apalagi jika aplikasi tersebut berasal dari halaman yang tidak terpercaya karena hal ini meningkatkan kemungkinan masuknya virus ke dalam perangkat.

4. Menggunakan Disk Defragment Tools

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Defragment Tools

Kamu pun bisa menggunakan fitur defragment untuk mengoptimalkan kemampuan dari penyimpanan perangkat. Bagi pengguna Windows 10, kamu bisa membuka fitur ini dengan mengetuk tombol Start lalu memasukkan frasa Defragment and Optimize Drives dan menekan Enter.

Jika program Optimize Drive terbuka, kamu selanjutnya bisa memilih partisi yang akan dioptimalkan lalu menekan tombol Analyze. Kamu kemudian bisa menekan tombol Optimize apabila hasil analisa sebelumnya lebih dari 10 persen.

5. Menambah Kapasitas RAM

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Upgrade RAM[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Selain melakukan pemeliharaan rutin seperti membersihkan mesin atau menambahkan pasta pendingin prosesor, kamu juga bisa mengambil langkah mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan kapasitas RAM yang lebih luas, laptop dapat menampung lebih banyak data-data pengoperasian dari aplikasi yang berjalan. Oleh karenanya, laptop tetap dapat berjalan cepat meskipun banyak aplikasi berjalan di belakang layar.

6. Mengganti Hardisk ke SSD

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Ganti SSD[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Piranti keras yang sudah usang juga perlu diganti agar laptop berjalan lebih kencang. Namun untuk penyimpanan, saya merekomendasikan untuk menggantinya dengan teknologi penyimpanan yang lebih modern sehingga proses membaca dan menulis data bisa berjalan lebih cepat.

Dalam hal ini, kamu sebenarnya tak perlu menunggu hardisk yang digunakan rusak dulu untuk menggantinya dengan SSD yang memiliki kemampuan lebih cepat dan lebih hemat daya.

7. Membeli Laptop Baru

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot - Ganti Laptop

Semakin ke sini, aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh berbagai macam platform membutuhkan sumber daya yang sangat banyak. Laptop yang menjadi lambat bisa terjadi karena spesifikasinya tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk itulah, mungkin sudah saatnya kamu mengganti laptop tersebut dengan laptop yang lebih baru. Sebagai alternatif lain, kamu bisa memilih dan memilah aplikasi sesuai dengan kemampuan laptop yang digunakan.

Tinggalkan Komentar