ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Xiaomi Mi 10 Lolos TKDN, Tanda Akan Segera Dirilis di Indonesia?

Mi 10 Pro Header

Gadgetren – Sebagai perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi telah berhasil menjual smartphone buatannya ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Meskipun Xiaomi biasanya hanya meluncurkan smartphone kelas bawah dan menengah di Indonesia, namun 2020 ini nampaknya akan menjadi tahun yang menarik karena baru saja muncul bocoran bahwa smartphone flagship Mi 10 akan diluncurkan di tanah air.

Tentu saja hal ini merupakan angin segar bagi sebagian Mi Fans yang sudah mendambakan smartphone flagship Xiaomi dengan spesifikasi hardware tinggi untuk hadir di Indonesia. Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, smartphone Mi 10 sudah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan nomor 224/SJ-IND.8/TKDN/3/2020 pada tanggal 10 Maret 2020.

Mi 10 TKDN

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren di situs P3DN Kemperin, Xiaomi Mi 10 yang mempunyai nomor model Xiaomi M2001J2G ini telah berhasil lolos TKDN dengan perolehan nilai kandungan yang mencapai 37,85%. Artinya perangkat ini sudah mendapatkan nilai yang melebihi standar TKDN, yakni 30%.

Sebagai catatan, Mi 10 dan Mi 10 Pro sendiri sudah diluncurkan pada bulan Februari 2020 silam di Tiongkok. Sebenarnya kedua smartphone ini rencananya akan dirilis secara global pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2020 Barcelona.

Namun wabah Corona menyebabkan acara MWC 2020 Barcelona terpaksa dibatalkan dan secara otomatis peluncuran global Mi 10 dan Mi 10 Pro ikut ditunda. Sementara itu, Mi 10 yang hadir di Tiongkok mempunyai nomor model M2001J2G sedangkan Mi 10 Pro memiliki nomor model M2001J1G.

Namun untuk saat ini saya hanya melihat sertifikat TKDN untuk Mi 10 dengan nomor model M2001J2G saja di Indonesia. Kemungkinan besar Mi 10 Pro akan diluncurkan beberapa waktu kemudian setelah M10 dijual di Indonesia. Skenario lainnya, versi Pro dari smartphone ini bisa saja tidak akan dibawa ke tanah air sama sekali.

Sebagai informasi tambahan, Mi 10 yang telah diluncurkan di Tiongkok menggunakan Snapdragon 865 sebagai dapur pacunya. RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB pun turut mendampingi kemampuan chipset besutan Qualcomm tersebut.

Dukungan empat kamera belakang yang dihadirkan pada perangkat ini terdiri dari kamera utama 108 MP berlensa 7P, kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera sekunder 2 MP. Untuk kamera depannnya mempunyai resolusi 20 MP.

Meskipun Mi 10 ini telah mengantongi sertifikat TKDN, namun pihak Xiaomi belum mengumumkan tentang waktu kehadirannya di Indonesia. Untuk itu, kita hanya bisa berharap smartphone ini secepatnya diluncurkan di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar