Gadget Smartphone

Perbandingan realme C3 Vs realme 5 – Mirip tapi Beda

Realme C3 Vs Realme 5 Header

Gadgetren – Diluncurkan dengan harga yang tidak terpaut jauh dari versi paling rendah realme 5, apakah realme C3 masih tetap bisa dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan smartphone harga terjangkau?

Seperti yang kita tahu bersama, realme C3 dan realme 5 secara mendasar dirancang untuk menyasar kelas yang sedikit berbeda. Meski tak terlalu signifikan, realme C3 dalam hal ini merupakan perangkat yang sebenarnya menyasar lini pasar di bawah realme 5.

Namun dengan banderol harga yang hanya terpaut sekitar Rp 100 ribuan, banyak orang yang bingung untuk memilih smartphone yang mana. Apakah tepat memilih realme 5 dibandingkan realme C3?

Supaya kamu tidak bingung saat mempertimbangkan smartphone mana yang akan dibeli, berikut ini beberapa perbedaan utama dari kedua smartphone berdasarkan spesifikasi teknis yang ada.

Sepanjang penelusuran yang saya lakukan, konfigurasi mesin menjadi perbedaan utama dari kedua smartphone. Keduanya benar-benar menawarkan konfigurasi dan SoC yang sangat jauh berbeda.

Di sektor ini, realme C3 mengandalkan SoC baru MediaTek, yakni MediaTek Helio G70. Sementara untuk SoC yang digunakan pada realme 5 merupakan buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 665.

Helio G70 dan Snapdragon 665 secara garis besar merupakan SoC yang setara. Hanya saja, masing-masing SoC tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang sesuai dengan apa yang pernah saya ulas pada artikel sebelumnya.

Misalnya, Helio G70 memiliki konfigurasi inti pemroses (CPU) dengan arsitektur ARM yang lebih baru dan lebih baik sementara Snapdragon 665 memiliki pengolah grafis (GPU) yang lebih mumpuni.

Realme C3 VS Realme 5 - Kamera

Dengan harga yang tak jauh berbeda, realme 5 juga menawarkan kapasitas memori penyimpanan internal lebih besar meskipun RAM yang ditawarkan sama.

Selain sektor kinerja ini, perbedaan antara realme C3 dan realme 5 juga terletak di sektor kamera. Kamera utama realme 5 membawa lensa lebih banyak dengan lensa sudut lebar 8 MP sebagai tambahan.

Keunggulan kamera realme 5 juga terdapat pada kamera depannya. Kamera depan realme 5 dalam hal ini memiliki resolusi 12 MP sedangkan realme C3 hanya memiliki lensa beresolusi 5 MP.

Namun yang tak kalah menarik, realme C3 untungnya dilengkapi dengan sebuah fitur tambahan bernama reverse charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Tabel Perbandingan Realme C3 Vs Realme 5

AspekRealme C3Realme 5
LayarIPS 6,5 inci HD+ (1600×720 piksel), Corning Gorilla GlassIPS 6,5 inci HD+ (1600×720 piksel), Corning Gorilla Glass
SoCMediaTek Helio G70Qualcomm Snapdragon 665
RAM3 GB3 GB/4 GB
Memori Internal32 GB64 GB/128 GB
Kamera Utama12 MP + makro 2 MP + potret 2 MP12 MP +ultra-wide 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP
Kamera Depan5 MP13 MP
FiturFingerprint, Bluetooth 5.0, Micro-USB, AkselerometerFingerprint, Bluetooth 5.0, Micro-USB, Akselerometer , Giroskop
Baterai5.000mAh, 10 Watt Charging, Reverse Charging5.000mAh, 10 Watt Charging
OSrealme UI 1.0 (Android 10)ColorOS 6 (Android 9 Pie)

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Semua kembali lagi ke kebutuhan masing-masing. Klo butuh kapasitas besar dengan kamera yg besar bisa beli Realme 5; klo si realme C3 kayaknya lebih fokus ke chipset gaming mediateknya