Berita Smartphone

Hands-On realme X50 Pro 5G – HP Ganas dengan RAM 12GB dan Snapdragon 865

Gadgetren – Setelah realme X50 Pro 5G diluncurkan pada bulan Februari 2020 melalui live streaming dari India dan Spanyol, akhirnya realme mengadakan acara Exclusive Preview smartphone tersebut di Indonesia.

Dalam acara tesebut, media dan YouTuber diajak untuk mencicipi realme X50 Pro secara langsung. Secara kasat mata, smartphone ini mempunyai desain yang menawan berkat bodi belakangnya yang terbuat dari material logam.

Apalagi ketika saya melihat realme X50 Pro 5G dengan warna Rust Red yang memberikan kesan elegan. Smartphone ini terasa kokoh ketika saya menggenggamnya. Pada bagian bawahnya, terdapat port USB Type-C, lubang speaker, dan slot kartu SIM.

realme X50 Pro 5G Display

Bergeser ke bagian depannya, terdapat layar 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan kerapatan piksel 409 ppi. Berkat hadirnya teknologi Super AMOLED, layarnya mampu memperlihatkan konten dengan terang dan tajam sehingga memanjakan mata saya.

Layarnya mempunyai desain penuh dengan punch hole di kiri atasnya yang membuat saya leluasa dalam memainkan game, menonton video, atau melihat foto. Punch hole ini sendiri digunakan untuk menyematkan sepasang kamera depan yang terdiri dari kamera utama 32 MP dan kamera ultrawide 8 MP.

Mengikuti tren saat ini, sensor fingerprint realme X50 Pro 5G terdapat di dalam layarnya yang mampu memindai hingga 5 sidik jari berbeda. Pada saat saya mencobanya, sensor ini mampu mengenali sidik jari saya dengan responsif sehingga dapat membuka kunci layar dengan cepat.

Terdapat juga fitur Face Unlock yang memungkinkan saya dapat membuka kunci layar hanya menggunakan wajah. Bisa dibilang fitur ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat di berbagai kondisi. Apalagi pada saat kondisi minim cahaya, realme X50 Pro 5G akan meningkatkan kecerahan layar agar bisa mendeteksi wajah saya dengan baik.

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat empat kamera yang mempunyai konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera kedalaman 2 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera telephoto 12 MP yang disusun secara vertikal.

Dapur pacu realme X50 Pro 5G dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core yang mempunyai performa cepat berkat kecepatan maksimal 2,84 GHz. Saya sendiri mencicipi varian tertinggi dari smartrphone ini yang terdiri dari RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

realme X50 Pro 5G Back

Kombinasi hardware ini membuat saya dapat dengan lancar menjalankan aplikasi maupun game berat pada realme X50 Pro 5G. Apalagi refresh rate layar 90Hz dan touch sampling rate 180Hz pada layarnya membuat game yang dijalankan terasa responsif dan mempunyai gerakan yang mulus ketika menggunakan frame rate tinggi.

Smartphone ini juga mempunyai baterai dengan kapasitas 4.200mAh dengan dukungan 65Watt SuperDart Flash Charging yang diklaim pihak realme dapat mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 35 menit saja.

Tak ketinggalan juga dukungan NFC, Bluetooth 5.0, WiFi, dan realme UI berbasiskan Android 10 juga telah disematkan di dalam smartphone ini.

Palson Yi selaku Senior Brand Manager realme Indonesia mengatakan bahwa kemungkinan besar realme X50 Pro 5G akan hadir di Indonesia, namun belum dapat dipastikan kapan waktu rilisnya. Bahkan Palson Yi sempat meminta pendapat kepada media dan Youtuber yang hadir mengenai waktu yang tepat untuk peluncuran realme X50 Pro 5G di Indonesia.

realme X50 Pro 5G Krisva

Pada saat ditanya mengenai apakah smartphone ini akan mendukung jaringan 5G ketika dirilis di tahan air, Palson Yi menjawab bahwa realme X50 Pro 5G sudah menggunakan modem dengan dukungan jaringan dari 2G sampai 5G sehingga hanya tinggal menunggu kesiapan Indonesia dalam jaringan 5G.

Namun apabila produk ini meluncur ketika jaringan 5G belum siap, maka realme X50 Pro 5G akan tetap mendukung jaringan 4G-LTE sedangkan jaringan 5G dapat diaktifkan sewaktu-waktu ketika operator Indonesia sudah siap.

Tinggalkan Komentar