Aplikasi Berita

Dark Mode WhatsApp Resmi Hadir di Android 9 Pie, Android 10, dan iOS 13

cara mengaktifkan whatsapp dark mode header

Gadgetren – WhatsApp akhirnya secara resmi meluncurkan fitur Dark Mode atau Mode Gelap secara global. Hal ini juga menjadi jawaban dari antusiasme penggunanya yang menunggu kehadiran fitur ini di aplikasinya masing-masing.

Dark Mode yang hadir pada WhatsApp memberikan tampilan latar belakang gelap sehingga dapat mengurangi ketegangan mata saat menggunakannya  di lingkungan yang minim cahaya atau gelap.

Sementara pihak WhatsApp pun berharap dengan adanya fitur ini dapat membuat pengguna aplikasinya menghindari momen-momen canggung yang terjadi ketika cahaya dari ponsel menerangi seisi ruangan.

Pada saat sebagian besar aplikasi yang menawarkan Mode Gelap memilih untuk menggunakan warna hitam murni, pihak WhatsApp justru selama uji coba mendapatkan temuan bahwa menyatukan warna hitam dan putih murni dapat menghasilkan kontras yang tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata.

Oleh sebab itu, Mode Gelap WhatsApp memadukan warna abu-abu gelap khusus dan putih tulang (off-white) sehingga membuat oborolan kamu lebih ramah untuk mata.

Untuk bisa menikmati fitur Dark Mode ini, kamu terlebih dahulu harus melakukan update WhatsApp terbaru dari Google Play Store untuk smartphone dengan sistem operasi Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS.

Bagi kamu pengguna smartphone berbasis Android 10 dan perangkat iOS 13, maka dapat mengaktifkan fitur Dark Mode atau Mode Gelap WhatsApp dengan mengakses menu atau aplikasi Settings (Pengaturan) pada masing-masing perangkat.

Sementara untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android 9 Pie, maka dapat mengaktifkannya dengan tutorial mudah berikut ini.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android 9 Pie

  1. Pastikan bahwa WhatsApp yang kamu miliki sudah update pada versi terbaru
  2. Jalankan aplikasi WhatsApp di smartphone
  3. Kunjungi menu berlambang tiga titik di bagian kanan atas halaman utama
  4. Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Settings > Chatslangkah aktifkan dark mode whatsapp
  5. Masuk ke dalam menu Themes
  6. Aktifkan Dark di menu pop-up Themes
  7. Tekan OK untuk konfirmasitampilan gelap aplikasi whatsapp android

Dengan mengikuti langkah tersebut, kini tampilan latar belakang WhatsApp kamu sudah berubah menjadi gelap berkat aktifnya fitur Dark Mode. Namun, saya sendiri harus menyesuaikan mata untuk melihat mode gelap yang satu ini karena kepekatannya sedikit berbeda dibandingkan dengan aplikasi lain yang menggunakan hitam murni.

Saya sendiri cukup menyukai Dark Mode yang hadir pada WhatsApp karena memiliki latar gelap yang membuat mata saya tidak terlalu tegang ketika membuka smartphone dalam kondisi malam hari atau minim cahaya.

Tinggalkan Komentar