Berita Tekno

Tahan Debu Dan Air, Setangguh Apa Sih Canon EOS 1D X Mark III?

Canon EOS 1D X Mark III Header

Gadgetren – Meski lebih ringan 100 gram dari seri sebelumnya, soal daya tahan dari EOS 1D X Mark III tidak perlu diragukan lagi karena berat bodinya didesain dengan sangat kokoh.

Bagian bodi EOS 1D X Mark III terbuat dari magnesium alloy dan didesain tahan terhadap debu serta cipratan air sehingga kamera ini cocok digunakan oleh para fotografer profesional yang hobi memotret di berbagai medan yang menantang.

Denny Herlianso seorang fotografer profesional yang punya pengalaman lebih dari 25 tahun di industri fashion dan kecantikan telah mengujinya pada saat cuaca hujan deras dan banjir.

“Di Bandung kamera ini saya coba lagi hujan deras banget, di stadion sastranegara yang nggak pernah namanya hanggar masuk kebanjiran waktu itu kebanjiran. Saya sudah deg-degan aja, tapi saya pikir saya diminta untuk mencoba kamera, walau dalam keadaan hujan dan banjir tetap jalan,” ujarnya kepada tim Gadgetren dalam acara peluncuran di Holiday Inn Hotel Kemayoran Jakarta Utara (21/02/2020).

Menurut Denny, rintangan tersebut justru tak menghalanginya melakukan tugas memotret namun memberikan kemudahan baginya. “Jadi keuntungan yang diperoleh saya sebagai seorang jurnalis, saya punya foto sendiri dibanding teman-teman yang lain. Mereka nggak akan foto dalam keadaan hujan deras apalagi banjir,” terangnya

Sementara untuk soal konektivitas, kamera ini juga dibekali teknologi WiFi dengan fungsi FTP. Fitur ini dapat meningkatkan alur kerja fotografer di lapangan karena mereka bisa dengan cepat memindahkan gambar dengan nyaman tanpa perangkat tambahan apa pun.

“Yang saya sangat senang adalah ada WiFi-nya, dimana di 1D X Mark II nggak ada. Jadi saya bisa langsung transkip gambar dari kamera ke editor saya. Di dalamnya ada internal WiFi yang langsung terkoneksi dengan Wireless File Transmiter di kantor saya. Saya coba dengan Mark II, kecepatannya bedanya cukup jauh dengan Mark III,” ujar Mast Irham yang mengawali profesi fotografer profesionalnya di Koran Media Indonesia sejak tahun 2003.

Selain memiliki ketahanan terhadap kondisi cuaca hujan, kamera ini juga menggunakan mekanisme rana dan cermin yang tahan lama serta tangguh untuk digunakan selama 500.000 siklus kerja. Teknologi prosesor DIGIC X yang ditanamkannya mampu menghemat daya sehingga pengguna bisa lebih leluasa mengambil gambar tanpa perlu takut baterai habis.

Denny Herlianso, Sandriana Permani, Merry Harun, Mast Irham

Canon EOS 1D X Mark III juga dilengkapi dengan slot kartu CFexpress ganda (dual slot). CFexpress sendiri merupakan teknologi baru yang berguna untuk transfer data berkecepatan tinggi hingga 2GB/detik.

Media penyimpanan ini memungkinkan pengambilan gambar secara burst hingga 1.000 gambar lebih dalam format RAW atau RAW+JPEG pada mode continuous dan perekaman video 4K berkualitas tinggi.

Di dalam kamera ini juga dihadirkan fitur GPS sehingga semua foto maupun video dapat ditandai dengan informasi lokasi pemotretan sehingga memudahkan para pewarta foto atau fotografer lanskap untuk mengatur data lokasi pengambilan gambar.

Menarikny lagi, terdapat teknologi SuperSpeed Plus USB (USB 3.1 Gen 2) agar proses transfer data dari kamera ke komputer lebih lebih cepat. Untuk harganya, PT. Datascrip memasarkan Canon EOS 1D X Mark III (body only) mencapai Rp 110.000.000.

Tinggalkan Komentar