Berita

Lebih Kecil dan Efisien, Qualcomm Kenalkan Modem Snapdragon X60

Qualcomm Snapdragon X60 Header

Gadgetren – Teknologi jaringan 5G semakin meningkat dari waktu ke waktu. Guna mengikuti alur tersebut, Qualcomm pun memperkenalkan modem generasi ketiganya, yakni Qualcomm Snapdragon X60.

Mengutip keterangan dalam laporan Android Authority, modem baru ini membawa kemampuan 5G Voice-over-NR (VoNR) dengan kualitas tinggi serta peningkatan agregasi pembawa sinyal (carrier aggregation) di seluruh teknologi sub-6GHz dan mmWave.

Modem generasi ketiga ini secara teori memang menawarkan kecepatan transfer data maksimal yang tidak jauh berbeda dari modem buatan Qualcomm sebelumnya, Qualcomm Snapdragon X55.

Modem baru ini masih menawarkan kecepatan maksimal hingga 7,5 Gbps untuk proses pengunduhan dan 3 Gbps untuk proses pengunggahan seperti modem yang lebih lawas itu.

Hanya saja, modem baru ini menawarkan kemampuan yang akan memastikan perangkat dapat menyentuh kecepatan maksimal secara lebih konstan pada beberapa jaringan berkat teknologi agregasi pembawa sinyal yang baru.

Snapdragon X60 juga diperkenalkan sebagai modem 5G pertama yang memuat solusi agregasi pembawa sinyal FDD-TDD sub-6GHz sehingga modem dapat menerima data secara simultan dari jaringan FDD dan TDD.

Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para penyedia layanan telekomunikasi karena mereka bisa menggunakan kembali pita jaringannya selama beberapa tahun mendatang, khususnya untuk penyedia yang beroperasi di pita jaringan berfrekuensi rendah.

Dukungan agregasi pembawa sub-6GHz dan mmWave dari modem juga akan memungkinkan jaringan untuk mengirim data melalui rentang spektrum yang lebih luas dan meningkatkan kapasitas lebih lanjut untuk mendekati jaringan mandiri 5G di masa depan.

Modem Snapdragon X60 juga hadir dengan membawa teknologi litografi yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Dengan litografi 5nm yang digunakan, modem menjadi punya ukuran yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Melalui Snapdragon X60, Qualcomm juga memperkenalkan solusi lengkap solusi radio front-end (RF). Mereka dalam hal ini membekali modem dengan modul Qualcomm QTM535 mmWave terbaru dan teknologi filter ultraSAW.

Modul QTM535 mmWave merupakan modul untuk pita jaringan 26 GHz, 28 GHz, dan 39 GHz mmWave yang berukuran lebih ramping. Sementara filter ultraSAW adalah filter yang memungkinkan kinerja dan konsumsi daya yang lebih baik untuk jaringan 600 MHz hingga 2,7 Ghz pada spektrum LTE, 5G, maupun Wi-Fi.

Snapdragon X60 kelihatannya akan menyambangi pasar ponsel premium pada tahun 2021 mendatang. Berdasarkan laporan Reuters, kontrak proses manufakturnya bahkan sudah dimenangkan oleh Samsung.

Tinggalkan Komentar