Aplikasi Berita

Google Translate Akan Mendapatkan Mode Penerjemah Langsung Bernama Transcribe

Mode Transcribe Google Translate Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Google Translate dikabarkan akan mendapatkan sebuah mode baru yang disebut dengan Transcribe. Mode ini bahkan sudah bisa dicicipi dalam sebuah pratinjau yang diluncurkan oleh Google.

Seperti apa yang diungkapkan oleh 9To5Google, Google baru saja meluncurkan sebuah versi pratinjau dari mode penerjemah bahasa yang bisa bekerja mendekati waktu nyata bernama Transcribe tersebut.

Mode baru yang dirancang untuk Google Translate ini diharapkan dapat mendengarkan sebuah pidato berdurasi panjang dari kuliah, program komputer, atau bentuk audio lain yang kemudian diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa yang diinginkan oleh pengguna.

Proses penerjemahan mode baru ini akan hadir sebagai pembaruan langsung dengan waktu jeda yang hampir instan. Bahkan mode ini dapat memberikan notasi tanda baca sesuai dengan pidato yang diterjemahkan.

9To5Google menyebutkan bahwa pengalaman ini mirip seperti apa yang ditawarkan oleh aplikasi Google Recorder yang diperkenalkan sebagai fitur unggulan Google Pixel 4 hingga kemudian tersedia juga untuk berbagai macam perangkat Google Pixel yang lebih lawas.

Namun dalam sebuah demo yang menampilkan penerjemahan pidato berbahasa Inggris ke bahasa Spanyol, fitur ini sekarang masih belum bisa bekerja tanpa koneksi internet seperti perangkat Recorder atau kemampuan penerjemahan yang sudah ada sebelumnya.

Mode Transcribe dari Google Translate ini untungnya membawa serangkaian opsi pengaturan yang bisa menjadi daya tawar tambahan bagi pengguna seperti opsi untuk mengubah tampilan (ukuran teks dan tema) dan kemampuan untuk menampilkan teks asli.

Hadirnya mode Transcribe di Google Translate memang belum bisa mengubah smartphone Android menjadi penerjemah bahasa secara langsung sepenuhnya. Namun langkah ini merupakan sebuah kemajuan yang cukup signifikan bagi Google di bidang penerjemahan.

Harapannya, mode baru ini bisa digunakan pada beberapa kasus potensial seperti siswa yang ingin memahami pembelajaran dalam bahasa lain atau setidaknya pada inti dari pembelajaran tersebut.

Google sendiri sayangnya belum mengungkapkan kapan mode ini akan diluncurkan ke publik guna melengkapi layanannya yang kini sudah digunakan untuk menerjemahkan hingga 140 miliar kata setiap hari oleh pengguna yang 95 persen berasal dari luar Amerika Serikat.

Tinggalkan Komentar