Aplikasi Berita

Minimalisir Kecanduan Gadget, Google Hadirkan 3 Aplikasi Jagoannya

iPhone flatlay laptop headersumber gambar: pixabay

Gadgetren – Gadget kini sudah seperti asisten pribadi yang bisa nemenin kamu saat kerja maupun berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh secara lebih praktis.

Tak dapat disangkal lagi bahwa gadget dapat pula meringankan kegiatan kita sehari-hari. Bukan cuma sebagai komunikasi, pencatat dan pengingat waktu, email, dan hiburan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk interaksi tak terbatas.

Kehadiran gadget juga membuat layanan sosial media berkembang pesat dan cepat. Namun, keseruan sosial media pun kini menjadi pisau bermata dua akibat gencarnya hoax yang beredar. Maka dari itu layanan ini telah menjadi salah satu penyumbang masalah kecanduan gadget yang akhirnya berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan ruang privasi kamu.

Merespon masalah teknologi yang sudah mendunia ini, Google memiliki inisiatif melahirkan tiga aplikasi untuk meminimalisir kecanduan gadget secara perlahan. Berdasarkan informasi dari GSMArena (23/01/2020), tiga aplikasi tersebut baru-baru ini muncul di Google Play Store.

Satu diantaranya adalah hasil proyek khusus divisi eksperimen Google, dan dua lainnya diterbitkan oleh Google Creative Lab. Apa saja aplikasinya?

Aplikasi Envelope Google

Aplikasi pertama bernama Envelope. Aplikasi ini terlihat unik karena bentuknya yang simpel seperti amplop. Tampilan ponsel kamu (saat ini hanya Pixel 3a) bakal berubah seperti amplop ketika menggunakan aplikasi ini. Selain idenya yang simpel dan kreatif, aplikasi Envelope ini juga tampak berseni.

Tujuan aplikasi Envelope ini adalah untuk membatasi fungsi smartphone namun masih mempertahankan fungsi dasar smartphone. Artinya smartphone hanya bisa digunakan untuk menelepon, melihat jam, foto, dan video.

Aplikasi Screen Stopwatch Google

Aplikasi kedua adalah Screen Stopwatch. Aplikasi ini menampilkan live wallpaper berisi informasi waktu yang sudah dihabiskan untuk menggunakan ponsel dalam satu hari.

Untuk aplikasi yang terakhir diberi nama Activity Bubbles dengan fungsi yang hampir sama seperti Screen Stopwatch. Setiap kamu membuka lockscreen, gelembung (bubble) yang tampil pada layar smartphone akan bertambah.

Aplikasi Activity Bubbles Google

Gelembung-gelembung ini pun akan terus menumpuk sesua dengan berapa kali kamu telah membuka lockscreen hingga akhirnya memenuhi tampilan layar yang menunjukkan waktu menggunakan gadget kamu telah habis.

Ketiga aplikasi ini sudah bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Hanya saja aplikasi envelope baru tersedia khusus untuk Google Pixel 3a. Menggunakan gadget itu bisa kamu kontrol kok. Kuncinya adalah ingat untuk sayangi kesehatan mentalmu dan cerdas menggunakan gadget ya guys.

Tinggalkan Komentar