Berita

Mode Gelap Sudah Hadir di WhatsApp Beta, Ini Dia Cara Menggunakannya!

Mode Gelap WhatsApp Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Facebook tampaknya sebentar lagi akan membawa fitur mode gelap (dark mode) ke layanan WhatsApp. Hal ini terlihat dari WhatsApp beta versi terbaru yang sudah mulai membawa fitur tersebut.

Informasi mengenai hal ini ditemukan oleh WABetaInfo. Mengutip keterangan yang disampaikan oleh AndroidAuthority, WABetaInfo telah menemukan fitur tersebut pada pembaruan WhatsApp versi 2.20.13 (beta).

Pembaruan untuk WhatsApp beta tersebut sekarang ini sudah mulai digulirkan oleh Facebook ke layanan Google Play Store. Sebagian pengguna yang terdaftar di program beta kini bisa mencicipi fitur yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama tersebut.

Namun bagi kamu yang benar-benar penasaran dengan tampilan mode gelap dari WhatsApp ini jangan kecewa setelah melihatnya karena mode gelap WhatsApp bisa jadi tidak seperti yang kamu bayangkan.

Sebagai gambaran, mode gelap yang ditawarkan melalui pembaruan beta ini tidak akan mengubah WhatsApp dengan tema yang benar-benar hitam seperti berbagai aplikasi yang sudah mendukung mode tersebut.

Alih-alih menggunakan tema dengan warna hitam, mereka hanya menawarkan perubahan tema bernuansa abu-abu yang mana bisa jadi cukup mengecewakan bagi pengguna smartphone yang ingin mengaplikasikan tema hitam di layar berpanel AMOLED.

Namun untungnya, mode gelap yang ditawarkan oleh WhatsApp ini tetap lebih nyaman untuk digunakan dibandingkan ketika kita menggunakan mode terang. Cahaya yang dipancarkan lebih sedikit sehingga tidak menyilaukan saat digunakan di kondisi kurang cahaya.

Untuk mencobanya, kamu bisa pergi ke halaman Google Play Store jika sudah terdaftar sebagai peserta beta tester. Namun jika kamu belum terdaftar di program tersebut, kamu bisa mengunduhnya secara manual melalui APKMirror.

Mode Gelap WhatsApp

Setelah selesai mengunduh dan memasangnya, kamu bisa membuka aplikasi dan mengetuk menu lainnya yang digambarkan dengan ikon titik tiga di pojok kanan atas halaman utama.

Dari menu yang muncul, pilih Settings dan masuk ke opsi Chats. Selanjutnya kamu bisa menekan tombol Theme dan memilih opsi Dark untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Saat ini, mode gelap yang ditawarkan memang sudah terasa cukup. Namun saya sendiri sedikit berharap agar mode tersebut bisa semakin gelap untuk mempercantik tema gelap yang sudah ada sekaligus membuat smartphone berpanel AMOLED semakin hemat daya.

Tinggalkan Komentar