Tips dan Trik

Sering Masuk Otomatis Ke Grup WhatsApp Yang Tidak Dikenal? Ini Cara Menangkalnya

Cara Agar Tidak Masuk Otomatis Grup WhatsApp Header

Gadgetren – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger atau perpesanan yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan pengguna WhatsApp di dunia sudah mencapai lebih dari 1,5 miliar sehingga banyak terjadi pertukaran pesan setiap detiknya.

WhatsApp sendiri menawarkan beragam fitur menarik yang membuat para penggunanya betah berlama-lama saling berkomunikasi melalui layanan pesan, panggilan, maupun video call.

Salah satu fitur awal yang dimiliki oleh WhatsApp adalah Grup yang memungkinkan beberapa pengguna mengirimkan pesan yang bisa dibaca oleh seluruh anggota. Maka dari itu tidak heran kalau fitur ini sering kali digunakan oleh pengguna WhatsApp karena komunikasi dapat lebih terfokus pada wadah yang telah dibuat.

WhatsApp juga mengizinkan maksimal 256 orang untuk saling berinteraksi di dalam suatu Grup, baik menggunakan pesan, gambar, video, maupun gambar bergerak. Walaupun fitur ini sangat berguna, namun beberapa dari kamu mungkin kesal ketika dimasukkan secara tiba-tiba oleh admin dari Grup yang tidak dikenal karena biasanya percakapan di dalamnya tidak jelas.

Lalu bagaimana agar kamu tidak masuk ke dalam sebuah Grup WhatsApp secara otomatis seperti itu? Bagi kamu yang menginginkannya, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Agar Tidak Masuk Otomatis Grup WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone
  2. Pada halaman utama WhatsApp, pilih menu berikon tiga titik di bagian atas kanan
  3. Selanjutnya kunjungi menu Settings (Pengaturan)
  4. Dari daftar yang ada, pilih menu Account (Akun) dan dilanjutkan dengan memilih menu Privacy (Privasi)
  5. Masuk ke dalam menu Groups (Grup)
  6. Pada halaman selanjutnya akan terdapat tiga pilihan mengenai siapa yang boleh memasukkan kita ke grup yang terdiri dari My Contacts Except… (Kontak Saya Kecuali), Everyone (Semua Orang), atau My Contacts (Kontak Saya)
  7. Setelah pilihan ditentukan, maka kamu dapat langsung menekan tombol Done (selesai)

WhatsApp Tolak Undangan

Sebagai tambahan, My Contacts Except… (Kontak Saya Kecuali) merupakan pilihan yang memungkinkan hanya orang di kontak telepon kamu saja yang bisa menambahkan ke Grup, namun kamu bisa menambahkan daftar orang yang tidak boleh memasukkan kamu ke Grup.

Sementara pilihan My Contacts (Kontak Saya) mengizinkan semua orang yang berada di kontak telepon kamu untuk menambahkan Grup. Terakhir, Everyone (Semua Orang) membuat semua orang dapat memasukkan kamu ke Grup walaupun tidak berada di kontak telepon.

Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi apabila diundang oleh admin dari Grup WhatsApp. Apabila kamu menolak undangan tersebut, maka kamu dapat mendiamkannya hingga 72 jam dan secara otomatis akan musnah.

Berkat hadirnya fitur ini, kamu untuk tidak lagi akan ditambahkan ke Grup oleh sembarangan orang. Dengan kata lain, kamu dapat lebih nyaman ketika menggunakan WhatsApp dalam aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Komentar