Berita

Xiaomi Indonesia Segera Gencarkan Penjualan Offline Ponsel Mereka

Country Director Xiaomi Indonesia - Alvin Tse

Xiaomi terkenal dengan harga ponsel mereka yang murah namun menyajikan spesifikasi yang wah. Ini bisa dicapai berkat beberapa strategi yang dilakukan oleh Xiaomi dan salah satunya adalah fokus di penjualan online. Namun kini Xiaomi semakin melirik strategi menjual ponsel secara offline.

Strategi menjual secara online cukup berhasil Xiaomi lakukan sejak pertama kali mereka muncul di Indonesia namun belakangan ini Xiaomi semakin dipepet oleh para pesaingnya dan fenomena “ponsel ghoib” yang berdampak pada kecewanya para pelanggan Xiaomi yang tidak dapat membeli ponsel yang mereka inginkan.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan bahwa penjualan ponsel secara online di Indonesia agak rumit karena yang membeli ponsel mereka secara online bukan hanya konsumen biasa namun juga para pedagang, dealer, dan reseller.

Ponsel yang dibeli oleh para pedagang ini tentunya akan dijual lagi ke konsumen dengan harga yang lebih mahal sehingga konsumen dihadapkan ke dua pilihan yaitu menunggu stok selanjutnya atau membeli dari para pedagang tersebut.

Kini Xiaomi akan membenahi strategi penjualan offline mereka agar dapat memberikan akses yang lebih luas lagi ke konsumen. Untuk saat ini baru ada 51 Mi Store di Indonesia yang kebanyakan berada di pusat-pusat perbelanjaan besar seperti di mal. Untuk memperluas jangkauan offline Xiaomi, mereka akan membangun lebih banyak Mi Authorized Store yang mana tokonya adalah hasil kerja sama dengan partner.

Berbeda dengan Mi Store, Mi Authorized Store letaknya akan berada di lokasi-lokasi seperti pinggir jalan atau di pasar. Partner toko Xiaomi ini nantinya juga harus mematuhi standar kualitas layanan Xiaomi.

Jika harga ponsel yang dijual di Mi Authorized Store tidak sesuai dengan ketentuan Xiaomi, mereka akan memberikan penalti ke toko tersebut. Namun untuk mengimplementasikan ini, Alvin mengatakan bahwa Xiaomi membutuhkan waktu karena prosesnya yang rumit. Alvin menargetkan pada tahun 2020 nanti, sistem penjualan offline Xiaomi akan menjadi lebih baik lagi.

Dengan strategi menumbuhkan penjualan offline melalui Mi Store dan Mi Authorized Store dikombinasikan dengan toko online partner Xiaomi, Xiaomi berharap para konsumen akan dapat lebih mudah membeli produk Xiaomi dengan harga yang sesuai dengan ketetapan mereka.

Tinggalkan Komentar