Tips dan Trik

Cara Menggunakan NFC di Ponsel Samsung Untuk Melakukan Pembayaran Digital

Cara Menggunakan NFC Samsung Header

Gadgetren – NFC alias Near-Field Communication adalah salah satu fitur premium yang kini sudah banyak digunakan oleh berbagai macam perangkat menengah, termasuk perangkat-perangkat buatan Samsung.

Dengan fitur ini, para pengguna perangkat bisa lebih mudah untuk melakukan pembayaran, memindahkan berkas data, atau menghubungkan perangkat dengan aksesoris atau perangkat tambahan yang juga mendukungnya.

Bagi kamu yang belum tahu, NFC merupakan satu set protokol komunikasi jarak dekat yang bekerja tanpa kabel, yang bisa menghubungkan perangkat lebih cepat, aman, dan mudah – tanpa perlu pairing (menghubungkan perangkat) secara manual.

Di perangkat-perangkat buatan Samsung, kamu bisa menggunakan fitur NFC ini dengan sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengaktifkannya, lalu mendekat perangkat dengan perangkat yang menunjang fitur yang serupa.

Nah seperti pada kebanyakan ponsel pada umumnya, kamu pun bisa mengaktifkan fitur ini secara langsung dari dalam menu pengaturan. Secara lebih detail, kamu bisa menyimak caranya sebagai berikut ini.

Pertama dan terpenting, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat Samsung yang kamu gunakan mendukung konektivitas yang hanya bisa digunakan dalam jarak hingga empat inci tersebut.

Jika sudah dipastikan ada, kamu bisa membuka Settings, lalu masuk ke bagian Connections. Di bagian pengaturan tersebut, kemudian aktifkan tombol geser NFC and payment ke posisi on (menyala).

Cara Menggunakan NFC Samsung Settings

Ketika sudah aktif, kamu sekarang bisa menggunakannya. Kamu hanya perlu mendekatkan perangkat ke perangkat lainnya. Sebagai catatan, kamu harus mendekatkan bagian yang pas dalam hal ini, supaya koneksi berhasil dilakukan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hal ini dikarenakan NFC hanya bisa bekerja dalam jarak yang sangat dekat, serta antena NFC yang memiliki lokasi berbeda-beda untuk setiap perangkat seluler.

Untuk pengaturan koneksi NFC lebih lanjut, kamu bisa membuka opsi NFC and payment setelah mengaktifkan tombol gesernya. Di dalamnya terdapat fitur Tap and pay, yang bisa kamu gunakan untuk mengatur pembayaran yang akan dipakai.

Supaya lebih cepat menjangkau fitur ini, kamu pun bisa menggunakan Quick Settings di bar notifikasi. Biasanya di bagian ini, kamu akan menemukan tombol dengan ikon huruf N (NFC), sehingga kamu bisa mengaktifkan NFC dengan hanya mengetuknya. Atau kalau pun tidak, kamu bisa menambahkannya sendiri.

Tinggalkan Komentar